Kesadaran masyarakat nelayan terhadap pendidikan tinggi di kampung nelayan kecamatan bulak Kota Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Sukmawati, Nabila (2023) Kesadaran masyarakat nelayan terhadap pendidikan tinggi di kampung nelayan kecamatan bulak Kota Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Nabila Sukmawati_I03219026.pdf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini mengkaji tentang kesadaran masyarakat nelayan terhadap pendidikan tinggi di Kampung Nelayan Kecamatan Bulak Kota Surabaya dengan proses mewawancari langsung narasumber yang bersangkutan yakni warga yang berprofesi sebagai nelayan di kampung nelayan Kecamatan Bulak. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Dimana informasi atau datanya dapatnya ditemukan dalam bentuk transkip wawancara dan menggambarkan fenomena yang akan diteliti. Subjek penelitian dalam penelitian ini adalah masyatakat nelayan yang berprofesi sebagai nelayan di Kampung Nelayan Cumpat dan Kampung Nelayan Kejawan Kecamatan Bulak dan subjek tambahan untuk memperkuat kevalidan data. Teknik psngumpulan datanya diambil melalui observasi atau pengamatan, wawancara dan dokumentasi. Data dianalisi melalui reduksi data, penyajian data dan mengambil kesimpulan. Pada bagian pengecekkan keabsahan data peneliti menggunakan triangulasi Sumber dan triangulasi metode.Teori yang digunakan adalah teori pilihan rasional dari Coleman. Dalam penelitian ini, peneliti menemukan kesadaran masyarakat terhadap pendidikan tinggi dapat dikatakan cukup rendah. Hal ini dibuktikan dengan faktor-faktor yang membuat masyarakat nelayan harus memikirkan pilihan yang tepat dan rasional dengan pilihannya. Masyarakat nelayan yang masih memiliki kesadaran yang rendah akan Pendidikan tinggi, hal ini biasa disebabkan oleh masalah ekonomi yang terbatas. Suatu pilihan yang membuatnya mendapatkan keuntungan lebih pastinya akan mereka pilih. Seperti hal nya lebih memilih bekerja dan mencari uang daripada harus melanjutkan sekolahnya ke perguruan tinggi. Masyarakat yang masih belum terbuka pemikirannya dengan perkembangan zaman, kurang mengerti bagaimana banyak pekerjaan dengan pendapatan yang besar memerlulan ilmu dan skill yang mumpuni. Peneliti menemukan hasil penelitian bahwa kesadaran masyarakat nelayan terhadap Pendidikan tinggi di Kecamatan Bulak cukup rendah karena hal ini dipengaruhi oleh faktor-faktor yang mereka alami yang berujung adanya pilihan-pilihan yang mereka pikirkan dan akhirnya memiliki satu pilihan yang rasional menurut persepsi diri mereka pribadi. Satu pilihan ini pastinya sudah menjadi pilihan terbaik untuk di masa yang akan datang.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Sukmawati, Nabilanabilasukmawati45@gmail.comI03219026
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorIsmail, Muchammadismail.muchammad@gmail.com2003058001
Subjects: Pendidikan
Pendidikan > Pendidikan Tinggi
Keywords: Masyarakat nelayan; kesadaran; pendidikan tinggi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Sosiologi
Depositing User: Nabila Sukmawati
Date Deposited: 08 May 2023 03:07
Last Modified: 08 May 2023 03:07
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/62037

Actions (login required)

View Item View Item