Expressive speech acts of the main characters in the Movie Charlotte’s Web (2006)

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Utama, Ferza Hasdian (2023) Expressive speech acts of the main characters in the Movie Charlotte’s Web (2006). Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Ferza Hasdian Utama_A73216112 ok.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian bertujuan untuk mengidentifikasi tindak tutur ekspresif dalam percakapan, penulis melakukan penelitian tentang tindak tutur ekspresif yang terdapat dalam film Charlotte’s Web (2006). Film ini merupakan sebuah film Amerika Serikat yang dirilis pada tahun 2006, film ini menceritakan seorang gadis kecil yang memiliki hewan peliharaan babi yang bernama Wilbur dan fenomena tindak tutur ekspresif terjadi di film ini. Karena itulah dalam studi ini penulis menjawab rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu (1) tindak tutur ekspresif apa sajakah yang diungkapkan oleh karakter-karakter utama di film Charlotte’s Web (2006)? (2) fungsi-fungsi tindak tutur ekspresif apa sajakah yang diungkapkan oleh karakter-karakter utama di film Charlotte’s Web (2006)? Penelitian ini menggunakan pendekatan deksriptif kualitatif untuk mendapat deskripsi yang jelas dan sistematis tentang fenomena yang dipelajari. Studi deskriptif dalam analisis tekstual diterapkan dalam penelitian ini untuk menganalisis percakapan karakter-karakter utama dalam naskah film. Data dikumpulkan dengan mengunduh film transcript. Film transcript kemudian dianalisis dengan mengidentifikasi jenis-jenis tindak tutur ekspresif dengan menggunakan teori tindak tutur oleh Searle dan Vanderveken.Hasil studi menunjukkan bahwa tindak tutur ekspresif yang ditemukan yaitu tindak tutur complaining (mengeluh), tindak tutur lamenting (meratapi), tindak tutur protesting (memprotes), tindak tutur deploring (menyesalkan), tindak tutur complimenting (memuji), tindak tutur praising (memuji), dan tindak tutur greeting (menyapa). Penulis menemukan bahwa dari keseluruhan tindak tutur ekspresif yang ada, yang paling sering digunakan yaitu tindak tutur complaining. Ayahnya Fern yang bernama John sering menggunakan tindak tutur complaining, hal ini dikarenakan Ayahnya Fern sering mengeluhkan hewan babi peliharaannya Fern yang sudah lama berada di sekitar rumah, yang mana hewan itu dari kecil hingga tumbuh besar dirawat oleh Fern.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Utama, Ferza Hasdianferzahasdian@gmail.comA73216112
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSwasono, Endratno Pilihendratno007@uinsby.ac.id2007067102
Thesis advisorFi'aunillah, Tristy Kartikatristykartika@gmail.com199303182020122018
Subjects: Bahasa Inggris
Pendidikan > Penelitian
Penelitian
Keywords: Expressive speech acts
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Sastra Inggris
Depositing User: Ferza Utama
Date Deposited: 08 May 2023 04:16
Last Modified: 08 May 2023 04:16
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/62038

Actions (login required)

View Item View Item