Pemerolehan bahasa pada anak hearing loss yang mengalami keterlambatan berbicara

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Fitriani, Yanuar Nur Rochmah (2023) Pemerolehan bahasa pada anak hearing loss yang mengalami keterlambatan berbicara. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Yanuar Nur Rochmah Fitriani_A04219020 ok.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini berfokus pada pemerolehan bahasa dan problematika yang terjadi pada anak penderita hearing loss yang mengalami keterlambatan berbicara. Hearing loss merupakan gangguan yang terjadi pada telinga manusia sehingga menyebabkan menurunnya atau bahkan hilangnya daya pendengaran penderitanya. Oleh karena itu, penelitian ini akan mendeskripsikan pemerolehan bahasanya beserta problematika-problematika yang dialami subjek sebagai bentuk akibat dari hearing loss yang diderita. Metode penelitian yang digunakan ialah deskriptif kualitatif dengan data berupa cacatan ujaran-ujaran dari penderita hearing loss yang didapatkan melalui beberapa cara, yakni observasi, teknik simak-catat, dan teknik pancing. Kemudian, data yang diperoleh dianalisis menggunakan pendekatan psikolinguistik dengan fokus kajian pada pemerolehan bahasa anak. Data yang diperoleh akan diulas berdasarkan tataran fonologi, sintaksis, dan semantik. Berdasarkan analisis dan pembahasan yang telah dilakukan, dapat diketahui bahwasannya secara fonologi tuturan-tuturan yang diutarakan subjek masih banyak yang belum sesuai dengan bunyi aslinya. Secara sintaksis, pemerolehan bahasa subjek masih dalam tahap penggunaan 1-4 kata dengan pola kalimat yang masih belum sesuai. Secara semantik, pemerolehan bahasa subjek sudah tepat dan sesuai. Akan tetapi masih ada beberapa kosa kata yang tidak dimengerti maknanya karena pembendaharaan kata yang kurang. Sedangkan untuk problematika yang ditemukan meliputi, (1) pelafalan kurang tepat, (2) hilang fokus karena kurang daya pendengaran, (3) kurang perbendaharaan kata, (4) kurang penguasaan tata bahasa (pola kalimat), dan (5) kurang percaya diri. Melalui problematika tersebut dapat diketahui bahwasannya keterlambatan berbicara yang dilami subjek termasuk kedalam kategori Pure Dysphatic Development.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Fitriani, Yanuar Nur Rochmahyanuarnurrf02@gmail.comA04219020
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorShofiyuddin, Harisharisshofiyuddin@gmail.com2018048201
Thesis advisorWijaya, Guntur Sektigswijaya1986@uinsby.ac.id2024058601
Subjects: Bahasa Indonesia
Cacat - Tunarungu
Anak > Anak Penyandang Cacat
Keywords: Keterlambatan berbicara; psikolinguistik; hearing loss
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Sastra Indonesia
Depositing User: Yanuar Nur Rochmah Fitriani
Date Deposited: 08 May 2023 05:36
Last Modified: 08 May 2023 05:36
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/62048

Actions (login required)

View Item View Item