Pemanfaatan lahan kosong melalui pengorganisasian Asuhan Mandiri (ASMAN) Toga Bunga Matahari menuju Desa Herbal di Desa Kuluran Kecamatan Kalitengah Kabupaten Lamongan

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Hidayat, Syaiful (2023) Pemanfaatan lahan kosong melalui pengorganisasian Asuhan Mandiri (ASMAN) Toga Bunga Matahari menuju Desa Herbal di Desa Kuluran Kecamatan Kalitengah Kabupaten Lamongan. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Syaiful Hidayat_B02219040 ok.pdf

Download (5MB)

Abstract

Skripsi ini membahas mengenai pengorganisasian masyarakat Desa Kuluran yaitu kelompok Asman TOGA Bunga Matahari dalam memanfaatkan lahan, menanam TOGA, mengolah TOGA menjadi bebrapa produk olahan. Sebenarnya lahan yang ada di sekitar mereka dapat bermanfaat jika mengetahui bagaimana cara mengelolahnya. Penelitian Ini menggunakan metode pendekatan ABCD (Asset Base Community development) dalam hal ini berfokus pada pengembangan aset yang dimiliki komunitas dampingan. Aset ini dikelola berdasarkan kapabilitas masyarakat Kuluran, yaitu lahan yang dikelola menjadi Taman TOGA. pada pendekatan ABCD ini terdapat lima tahapan yaitu Discovery, Dream, Design, Define, dan Destiny. Berawal dari penemuan aset yang ada yaitu banyak lahan kosong yang dibiarkan terbengkalai, kemudian dengan adanya aset lahan tersebut peneliti bersama masyarakat melakukan pemetaan aset, transektoral dan kegiatan lainya yang berfungsi untuk menemukenali aset, kemudian peneliti mengajak orang yang ahli dalam kesehatan masyarakat untuk memotivasi masyarakat akan manfaat TOGA dan pijat akupresur. Tahap ketiga adalah menDesain rancangan apa saja yang dibutuhkan untuk membuat taman TOGA, bagaimana membuat aneka olahan TOGA dan Pijat akupresur. Dilanjutkan pada tahap aksi yang mana masyarakat Kuluran bekerja sama dalam hal teknis pelaksanaan program. Diakhiri dengan monev dan perluasan skala program yang dilakukan oleh Pemerintah terkait bersama masyarakat. Hasil dari pengorganisasian ini adalah masyarakat melalui kelompok Asman TOGA bisa menggunakan obat alternattf alami dari tanaman yang mereka tanam sendiri, mampu menguasai pijat akupresur. Serta bisa membuat produk olahan TOGA yang bernilai ekonomis sebagai upaya tambahan pendapatan keluarga.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Hidayat, Syaifulsyaifulhidayat270@gmail.comB02219040
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMansyur, Misbahul MunirMunirmansyur1959@gmail.com2017035901
Subjects: Dakwah > Dakwah, Masyarakat
Islam dan Humanisme
Keywords: Pengorganisasian; masyarakat; lahan
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: SYAIFUL SYAIFUL HIDAYAT
Date Deposited: 11 May 2023 04:28
Last Modified: 11 May 2023 04:28
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/62055

Actions (login required)

View Item View Item