Tindak tutur ilokusi asertif dan direktif dalam teks drama (Jeng Menul, Joko Semprul, HM1l) karya Puthut Buchori: kajian pragmatik

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Yogonanda, Meita Safitri (2023) Tindak tutur ilokusi asertif dan direktif dalam teks drama (Jeng Menul, Joko Semprul, HM1l) karya Puthut Buchori: kajian pragmatik. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Meita Safitri Yogonanda_A04219011.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meneliti tindak tutur asertif dan direktif dalam teks drama, penulis mengadakan studi tentang tindak tutur asertif dan direktif yang terdapat dalam teks drama (Jeng Menul, Joko Semprul dan Hm1l) karya Puthut Buchori. Ketiga teks drama ini menceritakan tentang masalah sosial dan keunikan dialog yang terkesan jenaka. Karena itulah dalam studi ini penulis akan menjawab rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu (1) Bagaimana isi cerita dari teks drama (Jeng Menul, Joko Semprul, dan Hm1l) karya Puthut Buchori? (2) Bagaimana bentuk tindak tutur ilokusi asertif dan direktif pada teks drama (Jeng Menul, Joko Semprul, dan Hm1l) karya Puthut Buchori? dan (3) Bagaimana isi tindak tutur ilokusi asertif dan direktif pada teks drama (Jeng Menul, Joko Semprul, dan Hm1l) karya Puthut Buchori? Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif untuk mendapat deskripsi yang jelas dan sistematis tentang fenomena yang sedang dipelajari. Studi deskriptif dalam analisis tekstual diterapkan dalam penelitian ini untuk menganalisis tindak tutur asertif dan direktif yang terdapat dalam teks drama. Data-data diambil melalui teknik simak catat pada teks drama (Jeng Menul, dan Hm1l) karya Puthut Buchori, yang akan dikaji dengan Tindak tutur asertif dan direktif. Data kemudian dianalisis dengan mengidentifikasi jenis tuturan yang mengandung tindak tutur asertif dan direktif. Hasil studi menunjukan bahwa dalam kajian tindak tutur asertif dan direktif dalam teks drama (Jeng Menul, Joko Semprul, Dan Hm1l) karya Puthut Buchori terdapat 121 tuturan yang mengandung tindak tutur ilokusi asertif meluputi, menyarankan, menyatakan, membual, mengeluh, dan mengeklaim, dan tindak tutur ilokusi direktif meliputi memesan, memerintah, memohon, menasihati, dan merekomendasi. Adapun ditemukan dari ketiga teks drama ini menceritakan tentang masalah sosial dengan latar keluarga yang tidak harmonis dan keunikan dialog yang terkesan jenaka namun mengandung makna yang berkaitan dengan kehidupan sehari-hari.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Yogonanda, Meita Safitrimeitasafitri75@gmail.comA04219011
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorHamid, Mas'anmasanhamid@uinsby.ac.id2012125502
Thesis advisorSeptiyani, Rizki EndiRIZKIENDISEPT@UINSBY.AC.IID2021098805
Subjects: Bahasa Indonesia
Keywords: Teks drama; tindak tutur ilokusi asertif dan direktif; searle
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Sastra Indonesia
Depositing User: Meita Safitri Yogonanda
Date Deposited: 10 May 2023 06:55
Last Modified: 10 May 2023 06:55
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/62066

Actions (login required)

View Item View Item