Tindak tutur ilokusi dalam video youtube Najwa Shihab: Tragedi Kanjuruhan #usutsampaituntas | mata najwa

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Sari, Mega Purnama (2023) Tindak tutur ilokusi dalam video youtube Najwa Shihab: Tragedi Kanjuruhan #usutsampaituntas | mata najwa. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Mega Purnama Sari_A04219009 ok.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bentuk dan makna dari tindak tutur ilokusi yang terdapat pada video YouTube milik Najwa Shihab berjudul “Tragedi Kanjuruhan #Usutsampaituntas | Mata Najwa”. Dalam video tersebut Mata Najwa mencoba mengupas tuntas tentang situasi yang terjadi tanggal 1 Oktober 2022 di Stadion Kanjuruhan. Video tersebut tidak terlepas dari tuturan. Oleh karena itu, penelitian ini memuat isian tentang bentuk tindak tutur ilokusi dalam video tersebut dan makna tindak tutur ilokusi dalam video tersebut. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori tindak tutur ilokusi milik Searle tahun 1979. Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif kualitatif dengan metode simak dan catat pada tuturan yang termasuk dalam tindak tutur ilokusi pada video YouTube Najwa Shihab yang berjudul “Tragedi Kanjuruhan #Usutsampaituntas | Mata Najwa”. Berdasarkan observasi yang dilakukan dapat diketahui bahwa dalam video YouTube Najwa Shihab yang berjudul “Tragedi Kanjuruhan #Usutsampaituntas | Mata Najwa” tersebut terdapat bentuk dari tindak tutur ilokusi, yaitu bentuk tindak tutur ilokusi asertif 14 data, tindak tutur ilokusi direktif 5 data, tindak tutur ilokusi komisif 3 data, tindak tutur ekspresif 7 data, dan tindak tutur ilokusi deklarasi 1 data.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Sari, Mega Purnamamegapurnama233@gmail.comA04219009
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorFahmi, Lukmanlukmanfahmi21@g.mail.com2021117301
Subjects: Bahasa Indonesia
Linguistik
Keywords: Tindak tutur ilokusi; Mata Najwa; Tragedi Kanjuruhan
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Sastra Indonesia
Depositing User: Mega Purnama Sari
Date Deposited: 09 May 2023 01:46
Last Modified: 09 May 2023 01:46
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/62067

Actions (login required)

View Item View Item