Bentuk gaya bahasa sindiran dan maknanya dalam Reels Instagram Bintang Emon Tahun 2022: kajian stilistika

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Hardiyanti, Winni (2023) Bentuk gaya bahasa sindiran dan maknanya dalam Reels Instagram Bintang Emon Tahun 2022: kajian stilistika. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Winni Hardiyanti_A04219019 ok.pdf

Download (2MB)

Abstract

Fokus permasalahan yang dikemukakan dalam penelitian ini adalah tentang gaya bahasa sindiran, peneliti melakukan penelitian mengenai gaya dan makna bahasa sindiran dalam Reels Instagram Bintang Emon pada Tahun 2022 pada bulan Januari-Desember, maka tujuan penelitian ini, yaitu (1) Untuk menemukan gaya bahasa sindiran dalam Reels Instagram Bintang Emon tahun 2022; (2) Untuk mendeskripsikan makna gaya bahasa sindiran dalam Reels Instagram Bintang Emon tahun 2022. Jenis penelitian yang digunakan yaitu jenis penelitian deskriptif kualitatif Penelitian deskriptif diterapkan untuk memaparkan tuturan-tuturan gaya bahasa sindiran Bintang Emon dalam video pada akun Reels Instagram @bintangemon dengan pendekatan stilistika. Data yang diambil dalam penelitian gaya bahasa sindiran ini adalah 93 video Reels Instagram Bintang Emon. Sumber data dikumpulkan dengan memilih tuturan yang mengandung gaya bahasa sindiran, yaitu berupa 40 video. Data kemudian dianalisis berdasarkan bentuk-bentuk gaya bahasa dengan menerapkan teknik pengumpulan data, yakni teknik dokumentasi dan teknik simak catat. Setelah diklasifikasikan, data-data tuturan tersebut ditafsirkan makna-maknanya dan dijelaskan dalam bentuk deskriptif. Kemudian, diuraikan temuan bentuk dan makna gaya bahasa sindiran yang dituturkan oleh Bintang Emon dalam video Reels pada akun Instagram Bintang Emon. Temuan hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan gaya bahasa sindiran meliputi 40 data, yaitu yang terdiri atas (1) 1) Gaya bahasa sindiran ironi sebanyak 5 temuan, 2) Gaya bahasa sindiran sinisme sebanyak 5 temuan, 3) Gaya bahasa sindiran sarkasme sebanyak 11 temuan, 4) Gaya bahasa sindiran satire sebanyak 15 temuan, 5) Gaya bahasa sindiran inuendo sebanyak 4 temuan, 6) Gaya bahasa antifrasis sebanyak 1 temuan. Hal ini menandakan, gaya bahasa sindiran yang paling banyak ditemukan dan sering dituturkan, yaitu bentuk gaya bahasa sindiran satire. (2) Adapun makna-makna gaya bahasa sindiran yang dituturkan oleh Bintang Emon banyak mengandung makna denotatif dan makna konotatif yang memuat kritikan mengenai pejabat, kebijakan pemerintah, permasalahan politik, serta berbagai persoalan dalam kehidupan sehari-hari yang berkaitan dengan masyarakat. Dengan demikian, bentuk gaya bahasa sindiran dan maknanya dalam Reels Instagram Bintang Emon menggunakan gaya bahasa karena ada maksud tertentu yang disampaikan untuk menghibur pendengar, meningkatkan minat pendengar, menciptakan suasana hati maupun reaksi tertentu, serta melakukan perubahan terhadap sindiran yang disampaikan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Hardiyanti, Winniwinnihardiyanti@gmail.comA04219019
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorHamid, Mas'anmasanhamid@uinsby.ac.id2012125502
Thesis advisorSeptiyani, Rizki EndiRIZKIENDISEPT@UINSBY.AC.ID2021098805
Subjects: Bahasa Indonesia
Keywords: Stilistika; gaya bahasa sindiran; Bintang Emon
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Sastra Indonesia
Depositing User: Winni Hardiyanti
Date Deposited: 09 May 2023 02:04
Last Modified: 09 May 2023 02:04
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/62069

Actions (login required)

View Item View Item