Kemiskinan dan kejahatan pada antologi Cerpen Senyum Karyamin karya Ahmad Tohari: kajian sosiologi sastra

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Rahmawati, Fitriani Desy (2023) Kemiskinan dan kejahatan pada antologi Cerpen Senyum Karyamin karya Ahmad Tohari: kajian sosiologi sastra. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Fitriani Desy Rahmawati_A04219003 ok.pdf

Download (1MB)

Abstract

Fokus permasalahan yang dikemukakan oleh peneliti adalah sebagai berikut: (1) Apa gambaran isi cerita pada ke-13 judul cerpen yang dikemukakan pada antologi cerpen Senyum Karyamin Karya Ahmad Tohari? (2) Apa saja masalah sosial yang terkandung dalam masing-masing judul cerita tersebut? (3) Apa hubungan timbal balik antara karya sastra yang termuat dalam antologi cerpen Senyum Karyamin dengan masyarakat? Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif kualitatif yaitu dengan mengungkapkan dan pemaparan data secara rinci mengenai gambaran isi cerita, masalah-masalah sosial yang terkandung dalam masing-masing judul cerpen, serta analisis klasifikasi sosiologi karya sastra dengan menggunakan pendekatan sosiologi sastra Rene Wellek dan Warren. Dengan menggunakan objek antologi cerpen Senyum Karyamin Karya Ahmad Tohari. Hasil temuan dalam penelitian ini menunjukkan bahwa gambaran isi cerita yang terdapat pada antologi cerpen Senyum Karyamin Karya Ahmad Tohari mengangkat tema sindiran dan kritikan kepada pemerintah yang dikemas dalam bentuk kehidupan masyarakat pedesaan yang mempunyai watak lugu, bodoh, dan kotor. Tetapi, pada dunia pedesaan termasuk dalam dunia yang jujur karena selalu mengutamakan keharmonisan serta keselarasan hubungan makhluk dengan dunia sekitarnya. Sehingga munculnya masalah-masalah sosial pada keseluruhan judul cerpen. Masalah sosial meliputi kemiskinan, kejahatan, disorganisasi keluarga, masalah generasi muda dalam masyarakat modern, pelanggaran terhadap suatu norma-norma masyarakat, dan masalah lingkungan hidup serta memunculkan beberapa aspek meliputi aspek religius, ekonomi, sosial, kemanusiaan, peduli terhadap sesama, dan pendiskriminasian. Analisis sosiologi sastra dengan menggunakan teori sosiologi sastra Rene Wellek dan Warren yang memfokuskan pada klasifikasi sosiologi karya sastra.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Rahmawati, Fitriani Desyfitrianidesy23@gmail.comA04219003
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorHamid, Mas'anmasanhamid@uinsby.ac.id2012125502
Thesis advisorSeptiyani, Rizki EndiRIZKIENDISEPT@UINSBY.AC.ID2021098805
Subjects: Bahasa Indonesia
Linguistik
Keywords: Sosiologi sastra; masalah sosial; antologi Cerpen Senyum Karyamin
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Sastra Indonesia
Depositing User: Fitriani Desy Rahmawati
Date Deposited: 09 May 2023 02:35
Last Modified: 09 May 2023 02:35
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/62070

Actions (login required)

View Item View Item