Pengaruh Pola Asuh demokratis orang tua terhadap kemandirian anak di TK Darul Mustofa Tunjung Burneh Bangkalan

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Ulya, Hilyatul (2023) Pengaruh Pola Asuh demokratis orang tua terhadap kemandirian anak di TK Darul Mustofa Tunjung Burneh Bangkalan. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Hilyatul Ulya_D09219013 ok.pdf

Download (3MB)

Abstract

Bentuk pola asuh demokratis orang tua salah satunya adalah pola asuh yang mengedepankan musyawarah antara anak dan orang tuanya. Orang tua yang tidak memaksakan kehendak mereka terhadap anak akan tetapi juga tidak membiarkan anak tanpa adanya kontrol. Anak yang memiliki kemandirian dalam kegiatan belajar terlihat aktif, memiliki ketekunan dan inisiatif dalam mengerjakan tugas-tugas, menguasai strategi dalam belajar, memiliki tanggung jawab dan dan mampu mengatur perilaku dan kognisinya serta memiliki keyakinan diri. Kemandirian merupakan kemampuan untuk mengarahkan dan mengendalikan diri sendiri dalam berfikir dan bertindak, serta tidak merasa bergantung pada orang lain. Kemandirian perlu dilatih dan diajarkan sedini mungkin, agar bias dan dapat tumbuh dan berkembang sebagai anak yang mandiri. Penelitian ini bertujuan Untuk mengetahui bagaimana pola asuh asuh demokratis orang tua di TK Darul Mustofa Tunjung Burneh Bangkalan. Dan untuk mengetahui ada atau tidak adanya pengaruh pola asuh demokratis orang tua terhadap kemandirian anak di TK Darul Mustofa Tunjung Burneh Bangkalan. Penelitian ini menggunakan metode ex post facto. Penelitian ex post facto adalah suatu penelitian hubungan dengan sebab akibat dilakukan untuk meneliti peristiwa yang telah terjadi dan kemudian melihat pada arah yang terdahulu untuk bisa melihat faktor-faktor yang dapat mengakibatkan kejadian tersebut. Subjek penelitian berjumlah 25 responden yang dipilih melalui teknik purposive sampling.peneliti menggunakan metode angket, observasi dan dokumentasi dalam pengumpulan data. Dan menggunakan teknik analisis regresi linier sederhana dalam analisis data dengan bantuan SPSS versi 29.0 for windows. Berdasarkan hasil penelitian pada skripsi ini adalah Pola asuh demokratis yang diterapkan oleh orang tua siswa TK Darul Mustofa, ternyata mampu meningkatkan kemandirian anak. Anak yang dibesarkan dengan pola asuh demokratis memiliki kemandirian berupa sikap mandiri dengan sesuatu yang ingin dilakukan oleh anak. Hasil perhitungan uji hipotesis menggunakan regresi linier sederhana, diketahui bahwa nilai T terhitung adalah lebih besar dari T tabel (nilai T terhitung (3,920) > T tabel (2,069)), artinya bahwa variabel pola asuh demokratis orang tua berpengaruh positif dan signifikan terhadap variabel kemandirian anak. Dengan demikian adanya pengaruh yang signifikan antara pola asuh demokratis orang tua terhadap kemandirian anak di TK Darul Mustofa Tunjung Burneh Bangkalan. Dalam penelitian ini berarti kemandirian anak 23,6% dipengaruhi oleh pola asuh asuh demokratis orang tua Sedangkan sisanya 76,4% dipengaruhi oleh factor-faktor lain yang tidak diteliti.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Ulya, Hilyatululyahielya@gmail.comD09219013
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorYahya, AzizYahyaaziz15@yahoo.com2029087203
Thesis advisorBahri, M. MusthofaBahri.musthofa007@gmail.com2022077302
Subjects: Orang tua dan Anak
Keywords: Pola asuh; demokratis; orang tua; kemandirian
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Anak Usia Dini (PIAUD)
Depositing User: Hilyatul Ulya
Date Deposited: 15 May 2023 04:23
Last Modified: 15 May 2023 04:23
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/62076

Actions (login required)

View Item View Item