Gangguan berbahasa pada penderita afasia wernicke pascastrok: kajian psikolinguistik

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Maulidya, Hesty Roudlotul (2023) Gangguan berbahasa pada penderita afasia wernicke pascastrok: kajian psikolinguistik. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Hesty Roudltul Maulidya_A74219024.pdf

Download (3MB)

Abstract

Pada penelitian ini berfokus pada bentuk penelitian afasia wernicke yang cocok dengan kondisi objek penderita pascastroke pada pengucapan penderita lancar huruf vokal dan konsonannya namun dalam penyebutan suatu objek yang dituju mengalami salah antara pikiran dan ucapannya sehingga menimbulkan kesalahan dalam berbahasa dan maknanya hingga bentuk bahasa yang diujarkan menimbulkan pola lengkap dan tidak lengkap dari berbagai jenis kalimat. Teori yang digunakan pada penelitian ini yakni teori Psikolinguisti yaitu ilmu yang mengulas tentang proses psikologis yang terjadi pada manusia dengan penghasilan kalimat dan pemahaman kalimat yang didengar saat berkomunikasi dengan kemampuan yang didapat manusia dalam berbahasa. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah kualitatif berupa pendeskripsian mengenai bentuk bahasa yang diujarkan oleh penderita afasia wernicke pascastroke. Hasil dan kesimpulan pada penelitian ini yakni dari 30 data yang ditemukan ada dua jenis data yang ditemukan pada saat penderita mengujarkan kalimat. Data pertama, penderita mampu memahami apa yang dimaksud lawan bicara adanya kesinambungan kata saat diujarkan meskipun kata tersebut salah pengucapannya. Data kedua, penderita tidak memahami apa yang dimaksud lawan bicara sehingga memunculkan pengulangan kalimat untuk mempertegas kembali apa yang dimaksud lawan bicara, jawaban yang diujarkan oleh penderita mengalami ketidaksinambungan kalimat sehingga memerlukan pengulangan dan penegasan kata kembali.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Maulidya, Hesty Roudlotulroudlotulhesty@gmail.comA74219024
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorShofiyuddin, Harisharisshofiyuddin@gmail.com2018048201
Thesis advisorWijaya, Guntur Sektigswijaya1986@uinsby.ac.id2024058601
Subjects: Bahasa Indonesia
Keywords: Afasia wernicke; psikolinguistik; pola kalimat dan Jenis Kalimat
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Sastra Indonesia
Depositing User: Hesty Maulidya
Date Deposited: 11 May 2023 02:48
Last Modified: 11 May 2023 02:48
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/62086

Actions (login required)

View Item View Item