Penerapan Metode Eksperimen untuk meningkatkan perkembangan kognitif pada Subtema Gejala Alam pada Siswa Kelompok A Taman Kanak-Kanak Muslimat NU 12 Mambaul Ulum Gresik

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Sholihah, Nafilatus (2023) Penerapan Metode Eksperimen untuk meningkatkan perkembangan kognitif pada Subtema Gejala Alam pada Siswa Kelompok A Taman Kanak-Kanak Muslimat NU 12 Mambaul Ulum Gresik. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Nafilatus Sholihah_D99219055 ok.pdf

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh kurang berkembangnya perkembangan kognitif anak usia 4-5 tahun Taman Kanak-Kanak Muslimat NU 12 Mamba’ul Ulum Gresik. Supaya pembelajaran tidak membosankan maka peneliti dan guru menerapkan metode eksperimen. Dari tiga kelompok yang telah dibentuk pada penerapan eksperimen gunung meletus hanya ada 1 kelompok yang mendapatkan nilai berkembang sesuai harapan dan 2 kelompok yang mulai berkembang. Tujuan penelitian ini adalah : 1) untuk mengetahui penerapan metode eksperimen untuk meningkatkan perkembangan kognitif pada subtema gejala alam pada siswa kelompok A3 TKM NU 12 Mamba’ul Ulum Gresik. 2) untuk mengetahui peningkatan perkembangan kogniif siswa kelompok A TKM NU 12 Mamba’ul Ulum Gresik. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan Penelitian Tindakan Kelas, model Kurt Lewin yang dilakukan dengan 2 siklus dan setiap siklusnya terdiri dari 4 tahapan (perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi). Subyek penelitian ini yaitu kelompok A3 Taman Kanak-kanak Muslimat NU 12 Mamba’ul Ulum Gresik, untuk teknik pengumpulan datanya pada pra siklus menggunakan wawancara, kemudian dilanjutkan dengan observasi, tes lisan, dan dokumentasi. Sedangkan untuk teknik analisis datanya dengan mencari nilai rata-rata, mencari nilai ketuntasan belajar, dan mencari nilai observasi aktivitas guru dan anak melalui rumus dan kriteria yang telah ditentukan. Hasil penelitian yang telah dilakukan adalah : 1) penerapan metode eksperimen untuk meningkatkan perkembangan kognitif pada subtema gejala alam pada siswa kelompok A3 Taman Kanak-kanak Muslimat NU 12 Mamba’ul Ulum Gresik dapat dilaksanakan dengan baik. Hal tersebut dapat dibuktikan dari hasil obseravsi aktivitas guru meningkat dari 46 pada siklus I menjadi 84, 61 pada siklus II. Begitupun dengan hasil observasi aktivitas anak yang tadinya pada siklus I mendapatkan nilai 38,5 dan disiklus II mendapatkan 76,9. 2) ada peningkatan perkembangan kognitif siswa kelompok A3 Taman Kanak-kanak Muslimat NU 12 Mamba’ul Ulum Gresik. Hal tersebut dibuktikan dari hasil prosentase anak pada siklus I ada 1 kelompok yang mendapat BSH dan 2 kelompok mendapat MB dengan prosentase kelompok 33,3% dengan nilai rata-rata 46,6. Kemudian pada siklus II dilakukan secara individu prosentase anak yang mendapat kriteria BSH 13 anak dan yang kurang dari BSH 3 anak dengan prosentase ketuntasan 81, 25% dengan nilai rata-rata 85. Berdasarkan hasil penelitian aktivitas guru, aktivitas anak serta hasil belajar anak telah mengalami perubahan ke arah yang lebih baik.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Sholihah, Nafilatusnafilatussholihah4@gmail.comD99219055
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSihabudin, Sihabudinbudinsihab77@gmail.com2020027701
Thesis advisorPangastuti, Ratnaratnapangastuti@hotmail.com2003118103
Subjects: Anak
Pendidikan > Metode
Pendidikan > Pendidikan Anak
Keywords: Metode Eksperimen; perkembangan kognitif
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Anak Usia Dini (PIAUD)
Depositing User: Nafilatus Sholihah
Date Deposited: 09 May 2023 04:33
Last Modified: 09 May 2023 04:33
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/62097

Actions (login required)

View Item View Item