Penyimpangan prinsip kerja sama dan fungsi tuturan ilokusi dalam wacana humor acara Hot Room di Metro TV: kajian pragmatik

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Sari, Rafida (2023) Penyimpangan prinsip kerja sama dan fungsi tuturan ilokusi dalam wacana humor acara Hot Room di Metro TV: kajian pragmatik. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Rafida Sari_A04219017 ok.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini memfokuskan pada penyimpangan prinsip kerja sama dan fungsi tutur ilokusi yang terdapat dalam wacana humor acara Hot Room di Metro TV. Tujuan analisis ini untuk mengetahui penyimpangan prinsip kerja sama dan melihat fungsi tutur ilokusi dalam wacana humor acara Hot Room di Metro TV. Teori yang digunakan adalah prinsip kerja sama Grice (1991) dan didukung teori Searle (1975) untuk mengetahu fungsi tuturan ilokusi. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini adalah delapan video episode acara Hot Room. Data yang berhasil dikumpulkan merupakan data deskriptif berupa kalimat yang mengalami penyimpangan dan yang termasuk wacana humor pada acara Hot Room. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya penyimpangan prinsip kerja sama dalam tuturan wacana humor anatara pembawa acara dan narasumber pada acara Hot Room terdiri dari 12 penyimpangan maksim kuantitas, 3 penyimpangan maksim kuantitas, 6 penyimpangan maksim relevansi, 5 penyimpangan maksim cara. Fungsi tutur ilokusi dalam tuturan wacana humor pada acara tersebut yang menyimpang prinsip kerja sama terdiri dari 15 fungsi tutur asertif, 5 fungsi tutur direktif, 2 fungsi tutur komisif, 4 fungsi tutur ekspresif, dan tidak ditemukan fungsi tutur deklarasi.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Sari, Rafidaraffidasari@gmail.comA04219017
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorShofiyuddin, Harisharisshofiyuddin@gmail.com2018048201
Thesis advisorWijaya, Guntur Sektigswijaya1986@gmail.com2024058601
Subjects: Bahasa Indonesia
Linguistik
Keywords: Hot Room; pragmatik; penyimpangan prinsip; humor
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Sastra Indonesia
Depositing User: Rafida Sari
Date Deposited: 10 May 2023 01:40
Last Modified: 10 May 2023 01:40
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/62104

Actions (login required)

View Item View Item