Bentuk dan ragam hias pada kompleks makam Tumenggung Kopek di Pakuncen Kadipaten Kertosono Nganjuk

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Rosida, Binti Yanuru (2023) Bentuk dan ragam hias pada kompleks makam Tumenggung Kopek di Pakuncen Kadipaten Kertosono Nganjuk. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Binti Yanuru Rosida_A92219080_OK.pdf

Download (2MB)

Abstract

Skripsi yang berjudul “Bentuk dan Ragam Hias pada Kompleks Makam Tumenggung Kopek di Pakuncen Kadipaten Kertosono Nganjuk” fokus pada tiga pembahasan yaitu: (1) Bagaimana sejarah Pakuncen dalam Kadipaten Kertosono? (2) Bagaimana sejarah makam Tumenggung Kopek? (3) Bagaimana arsitektur pada kompleks makam Tumenggung Kopek? Penelitian ini menggunakan pendekatan antropologi kognitif dan menggunakan teori Local Genius. Teori ini difokuskan untuk menganalisis bentuk bangunan dan ragam hias pada kompleks makam Tumenggung Kopek. Penelitian ini menggunakan metode arkeologi yang meliputi pengumpulan data melalui observasi dan wawancara, pengolahan data, analisis data, dan pelaporan. Kesimpulan dari penelitian ini adalah: (1) Desa Pakuncen dulunya merupakan wilayah dari Kadipaten Kertosono, namun dalam perkembangannya kini Desa Pakuncen masuk dalam Kecamatan Patianrowo. (2) R. Ay. Poerwodiningrat merupakan permaisuri dari Raden Tumenggung Poerwodiningrat. Beliau wafat dan dimakamkan di Desa Pakuncen, serta dijuluki sebagai Tumenggung Kopek. (3) Unsur Islamnya yaitu posisi arah hadap makam yang membujur arah utara-selatan. Unsur Pra-Islamnya yakni gapura paduraksa, cungkup, pendopo, jirat, nisan dan ragam hias. Hal ini menunjukkan bahwa kebudayaan Pra-Islam lebih dominan dari kebudayaan Islam atau disebut local genius.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Rosida, Binti Yanururosidabyr@gmail.comA92219080
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorHajar, Imam Ibnuimamibnuhajar@gmail.com2006086802
Thesis advisorZulaili, I'in Nuriinzulaili13@gmail.com--
Subjects: Arsitektur
Arkeologi
Sejarah Peradaban Islam
Keywords: Kadipaten Kertosono; makam Tumenggung Kopek; ragam hias
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Sejarah dan Peradaban Islam
Depositing User: Binti Yanuru Rosida
Date Deposited: 11 May 2023 02:11
Last Modified: 11 May 2023 02:11
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/62106

Actions (login required)

View Item View Item