الأفعال الكلامية الإنجازية في رواية "ممو زين: قصة حب نبت في الأرض وأينع في السماء" لمحمد سعيد رمضان البوطي (دراسة تداولية)

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Hasanah, Baik Nurul (2023) الأفعال الكلامية الإنجازية في رواية "ممو زين: قصة حب نبت في الأرض وأينع في السماء" لمحمد سعيد رمضان البوطي (دراسة تداولية). Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Baik Nurul Hasanah_A01219008_OK.pdf

Download (1MB)

Abstract

Novel Mamo Zein adalah Novel yang menceritakan tentang kisah cinta legendaris bangsa Kurdistan yaitu pemuda yang taat beragama bernama Mamo yang mencintai Zein seorang adik penguasa istana Buton. Mereka tidak dapat bersatu sebab berbagai halangan, hingga Mamo mendekam dipenjara dan putri Zein didera kesedihan hingga akhirnya mereka menemukan jalan cinta ilahi yang tersucikan yaitu kematian. Dalam berkomunikasi yang terlibat adalah penutur dan lawan tutur. Setiap penutur menginginkan agar lawan tuturnya dapat memahami apa yang dikatakannya. Dalam setiap tuturan penutur tidak hanya menyatakan suatu hal akan tetapi juga melakukan tindakan didalamnya. Untuk memahami tindak tutur ilokusi dalam sebuah Novel termasuk Novel Mamo Zein maka harus memahami bentuk-bentuk dari tindak tutur ilokusi tersebut. Tujuannya untuk memperjelas pembaca dalam memahami tuturan-tuturan apa saja yang ada dalam Novel. Jenis penelitian ini merupakan penelitian Pragmatik dengan menggunakan pendekatan Kualitatif Deskriptif yaitu dengan mencatat tuturan-tuturan yang ada dalam Novel, selanjutnya mengklasifikasin bentuk tindak tutur ilokusi yang telah ditemukan berdasarkan teori Searle yang membagi tindak tutur menjadi lima jenis yaitu : Asertif, Komisif, Direktif, Ekspresif dan Deklaratif serta mengklasifikasin fungsi-fungsi tindak tutur Ilokusi.Hasil penelitian yang dianalisis oleh peneliti dalam Novel Mamo Zein “Kisah cinta bersemi dibumi dan berbuah dilangit” karya Muhammad Said Ramadhan El Bouthy ditemukan 5 bentuk tindak tutur ilokosi. Adapun bentuk-bentuk dan fungsinya, yaitu : 5 bentuk tuturan Asertif, 10 bentuk tuturan Komisif, 18 bentuk tuturan Direktif, 4 bentuk tuturan Ekpresif, 3 bentuk tuturan Deklaratif. Dengan hasil 4 fungsinya yaitu: 9 fungsi Konvivial, 12 fungsi Kompetitif, 6 fungsi Konflikitif dan 5 fungsi Kolaboratif.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Hasanah, Baik Nurulnurulhasanah021100@gmail.comA01219008
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMuntaha, Muntaha--2012075901
Thesis advisorEfendi, Nasikul Mustofaayah_azmee@yahoo.com132101811755
Subjects: Kesusastraan > Sastra Arab
Pendidikan > Penelitian
Penelitian

Sastra
Keywords: Pragmatik; Tindak tutur ilokusi; Novel Mamo Zein
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Bahasa dan Sastra Arab
Depositing User: Baik Nurul Hasanah
Date Deposited: 11 May 2023 05:51
Last Modified: 11 May 2023 05:51
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/62107

Actions (login required)

View Item View Item