تحليل الأخطاء النطقية في قراءة نظم العمريطى عند طالبات المدرسة الثانوية الإسلامية بمعهد الدمياطي نور الإيمان باعكالان مادورا جاوى الشرقية

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Ningsih, Nur Cahaya (2023) تحليل الأخطاء النطقية في قراءة نظم العمريطى عند طالبات المدرسة الثانوية الإسلامية بمعهد الدمياطي نور الإيمان باعكالان مادورا جاوى الشرقية. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Nur Cahaya Ningsih_A01219028.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kesalahan-kesalahan dalam pelafalan Naẓam ˋImriṭi beserta sebabnya yang dilakukan oleh para santriwati pondok pesantren Ad-Dimyaṭi Nurul Iman Bangkalan. Dan objek kajiannya adalah para santriwati itu sendiri dengan sumber data berupa hasil rekaman suara bacaan Naẓam ˋImriṭi yang dilakukan oleh para santriwati. Adapun metode yang digunakan berupa metode kualitatif. Langkah pertama dalam kajian ini adalah mengumpulkan rekaman suaranya, kemudian dianalisis dan diperbaiki kesalahan-kesalahan tersebut.Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa bentuk kesalahan yang terjadi dalam pembacaan Naẓam ˋImriṭi oleh para santriwati pondok pesantren Ad-Dimyaṭi Nurul Iman Bangkalan adalah pergantian huruf (Ibdal) yakni sebanyak 7 huruf dan membuang huruf sebanyak 1 huruf. Adapun sebab kesalahannya adalah ketidaktahuan terhadap makhraj huruf beserta shifatnya sebanyak 17 kesalahan, ketidaktahuan terhadap makhraj huruf beserta shifatnya adanya dan pengaruh bahasa ibu sebanyak 29 kesalahan. Dengan demikian, peneliti memberikan saran agar sekolah memberikan materi mengenai makhraj huruf beserta sifatnya kepada santriwati dengan baik dan optimal, serta terus memberi pelatihan kepada santriwati dalam pengucapan makhraj huruf yang benar.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Ningsih, Nur Cahayaa01219028@student.uinsby.ac.idA01219028
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorNasaruddin, Nasaruddinnasaruddin@uinsby.ac.id2009097501
Thesis advisorRohman, Abdurvi_man84@yahoo.co.id2001068001
Subjects: Pesantren
Keywords: Analisis Kesalahan Pelafalan; Naẓam ˋImriṭi
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Bahasa dan Sastra Arab
Depositing User: Nur Cahaya Ningsih
Date Deposited: 10 May 2023 21:54
Last Modified: 10 May 2023 21:59
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/62118

Actions (login required)

View Item View Item