"التهذيب اللغوي وانتهاكه في النص المسموع فيلم أنمي "الرحلة (The Journey)

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Habari, Izzy Zulfia (2023) "التهذيب اللغوي وانتهاكه في النص المسموع فيلم أنمي "الرحلة (The Journey). Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

This is the latest version of this item.

[img] Text
Izzy Zulfia Habari_A71219051.pdf

Download (3MB)

Abstract

Dalam berkomunikasi, penggunaan bahasa yang tidak santun akan menyebabkan adanya perselisihan. Wawasan tentang penggunaan bahasa yang baik dan santun sangat diperlukan dalam kehidupan. Peneliti menggunakan film anime “The Journey” sebagai sumber data dalam penelitian, karena film ini mengisahkan peperangan antara Abrahah dan pasukan gajahnya dengan penduduk Mekkah dan banyak terdapat kata-kata kasar dalam film tersebut. Film ini juga dapat ditonton oleh semua orang, mulai dari anak-anak hingga orang dewasa. Oleh sebab itu, peneliti menetapkan untuk meneliti kesantunan berbahasa dan pelanggarannya dalam film anime berbahasa Arab dengan judul “The Journey” dengan rumusan masalah : Bagaimana penerapan kesantunan bahasa dan pelanggarannya dalam film anime “The Journey”. Penelitian ini dilakukan dengan menganalisis kesantunan berbahasa tokoh dalam film anime “The Journey” dengan menggunakan teori kesantunan berbahasa Geoffrey Leech dengan 6 maksim kesantunan. Metode penelitian yang digunakan peneliti yaitu metode dekriptif kualitatif, yaitu penelitian yang dilakukan dengan berdasarkan tingkatan pengumpulan data, menelaah dan menganalisis data. Tahapan yang dilakukan yaitu menonton, membaca serta memahami data dalam sumber data yaitu Film Anime “The Journey” kemudian mengelompokkan lalu menganalisis prinsip dan pelanggaran kaidah kesantunan berbahasa secara teratur dan tersusun dalam bentuk skripsi. Hasil penelitian ini, ditemukan maksim kearifan, maksim penghargaan, maksim kerendahan hati dan maksim kesepakatan. Kemudian terdapat pelanggaran maksim penghargaan, pelanggaran maksim kerendahan hati, pelanggaran maksim simpati dan pelanggaran maksim kesepakatan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Habari, Izzy Zulfiaizzyhabari00@gmail.comA71219051
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorKhoiroh, Himmatulmailto:himmatulkhoiroh@uinsby.ac.id2022127601
Thesis advisorFrank, Ahmadmailto:ahmadfrank@yahoo.com2026097602
Subjects: Adab
Sastra
Linguistik
Keywords: Kesantunan berbahasa; pelanggaran; film anime “The Journey”, leech
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Bahasa dan Sastra Arab
Depositing User: Izzy Izzy Zulfia Habari
Date Deposited: 10 May 2023 07:49
Last Modified: 10 May 2023 07:49
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/62142

Available Versions of this Item

  • "التهذيب اللغوي وانتهاكه في النص المسموع فيلم أنمي "الرحلة (The Journey). (deposited 10 May 2023 07:49) [Currently Displayed]

Actions (login required)

View Item View Item