Representasi sosial dalam kumpulan Cerpen Protes karya Putu Wijaya: perspektif sosiologi Marxisme

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Kurniawati, Rizka Faradilah (2023) Representasi sosial dalam kumpulan Cerpen Protes karya Putu Wijaya: perspektif sosiologi Marxisme. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Rizka Faradilah Kurniawati_A74219032 ok.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini memberikan fokus permasalahan sosiologi pada kumpulan cerpen Protes karya Putu Wjaya. Kemunculan judul cerpen Protes pada kumpulan cerpen ini diperlihatkan oleh salah satu karakter Ujang yang sedang bergelud dengan kehidupan miskinnya. Tak hanya itu berbagai judul cerpen pada kumpulan cerpen ini banyak mempresentasikan kehidupan sosial yang mengalami ketimpangan dan kondisi ekonomi yang buruk. Teori yang digunakan pada penelitian ini, yaitu sebuah pendekatan perspektif sosiologi Marxis. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif studi kepustakaan (Library research) dengan menggunakan pendekatan sosiologi sastra, sebagai penemuan data yang lebih kompleks dan menekankan pada analisis teori Marxis mengenai masalah sosial sebagai bentuk representasi sosial dalam kumpulan cerpen Protes Karya Putu Wijaya. Berdasarkan analisis data yang dilakukan pada kumpulan cerpen Protes karya Putu Wijaya. Dapat diambil beberapa pembahasan yakni mencakup bentuk representasi sosial mengenai masalah sosial, kesenjangan sosial, diskriminasi sosial, kejahatan sosial, dan ketidakadilan sosial. Permasalahan sosial terjadi karena ketidakadilan serta ketimpangan potensi dan peluang dalam kedudukan sosial yang semakin rendah dalam masyarakat.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Kurniawati, Rizka Faradilahrizkafaradilahkurniawati@gmail.comA74219032
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorAbdullah, Asep Abbasasepabdullah@uinsby.ac.id196307291998031001
Subjects: Konflik sosial
Sastra
Keywords: Protes; Putu Wijaya; representasi sosial; sosiologi sastra
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Sastra Indonesia
Depositing User: Rizka Faradilah Kurniawati
Date Deposited: 10 May 2023 03:16
Last Modified: 10 May 2023 03:16
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/62143

Actions (login required)

View Item View Item