Upaya guru untuk menumbuhkan karakter kemandirian pada anak usia dini di RA Masjid Al Akbar Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Kusumah, Refilani Indah (2023) Upaya guru untuk menumbuhkan karakter kemandirian pada anak usia dini di RA Masjid Al Akbar Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Refilani Indah Kusumah_D99219064 ok.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini di latar belakangi menumbuhkan karakter kemandirian pada anak usia dini. Pembentukan karakter peserta didik yang berdampak salah satunya yaitu menumbuhkan karakter kemandirian. Karakter kemandirian ini tidak dibentuk oleh dirinya sendiri namun melainkan oleh orang dewasa dilingkungan sekitarnya termasuk orang tua dan guru. Kemandirian ini tidak berlaku untuk anak usia dini namun juga berlaku untuk usia dewasa dan kedepannya, apabila anak tidak dilatih atau ditumbuhkan karakter kemandirian sedini mungkin nantinya anak tersebut tidak bisa mengambil keputusan atau konsekuensi atas dirinya sendiri dan selalu bersandar atau ketergantungan dengan orang tua, guru, maupun orang lain. Oleh sebab itu, karakter kemandirian sangat diperlukan ditumbuhkan atau ditanamkan sejak usia dini karena untuk menciptakan dan mewujudkan generasi bangsa yang mandiri memerlukan proses yang begitu panjang. Penelitian ini bertujuan untuk : 1) Mengetahui dan mendeskripsikan karakter kemandirian ditumbuhkan pada anak usia dini di RA Masjid Al-Akbar Surabaya. 2) Mengetahui dan mendeskripsikan upaya guru untuk menumbuhkan karakter kemandirian anak usia dini di RA Masjid Al-Akbar Surabaya. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Subyek penelitian ini terdiri dari kepala sekolah, guru kelas B1 & B2, dan peserta didik kelompok B2. Teknik penelitian yang digunakan untuk pengumpulan data yang terdiri dari observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan model Milles & Huberman yang bermula dari reduksi data, penyajian data dan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian bahwa: 1) Dasar kurikulum yaitu penanaman karakter pada peserta didik dengan pendidikan karakter peserta didik dapat mencapai segala sesuatu yang diinginkan. seperti halnya penanaman karakter kemandirian pada peserta didik sejak dini, melalui penanaman karakter kemandirian tersebut maka peserta didk akan terbiasa mandiri tanpa bergantung kepada orang lain. 2) Upaya yang dilakukan guru di RA Masjid Al-Akbar Surabaya yang mengacu pada hal yang baik dalam menumbuhkan atau membangun karakter pada anak usia dini melalu cara memberi pemahaman tentang karakter, dengan cara mengajar, membimbing, membina, dan mendidik serta memberikan pembiasaan secara terus menerus dan mencontohkan terlebih dahulu dengan tujuan anak tersebut mampu mengerjakan aktivitas dan mengeksplor dengan sendiri.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Kusumah, Refilani Indahrindahkusumah@gmail.comD99219064
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorAziz, Yahyayahya_aziz15@yahoo.com2029087203
Thesis advisorPangastuti, Ratnaratnapangastuti@hotmail.com2003118103
Subjects: Pendidikan > Pendidikan - Karakter
Pendidikan > Pendidikan Anak
Anak > Kepribadian
Keywords: Upaya guru; menumbuhkan karakter kemandirian anak usia dini
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Anak Usia Dini (PIAUD)
Depositing User: Refilani Indah Kusumah
Date Deposited: 10 May 2023 04:41
Last Modified: 10 May 2023 04:41
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/62148

Actions (login required)

View Item View Item