Efektivitas model Project Based Learning (PJBL) dalam meningkatkan kemampuan belajar Baca Tulis Quran (BTQ) peserta didik Kelas Tahsin di MTs Sunan Ampel Kebet Lamongan

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Mahfudloh, Ayi' Laily (2023) Efektivitas model Project Based Learning (PJBL) dalam meningkatkan kemampuan belajar Baca Tulis Quran (BTQ) peserta didik Kelas Tahsin di MTs Sunan Ampel Kebet Lamongan. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surbaya.

[img] Text
Ayi' Laily Mahfudloh_D71219063 ok.pdf

Download (4MB)

Abstract

Pendidikan diartikan sebagai usaha sengaja dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, dan akhlak mulia, serta sebagai keterampilan yang dibutuhkan dirinya, masyarakat, bangsa, dan Negara. PJBL adalah srategi pembelajaran yang mengorganisir pada tugas proyek dan melatih peserta didik turut aktif bekerja sama dalam kelompok dengan tujuan membangun keterampilan social, berpikir, psikomotor, dan proses. Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah kondisi kemampuan belajar BTQ peserta didik kelas tahsin, pelaksanaan model PJBL dalam pembelajaran BTQ peserta didik kelas tahsin, serta efektivitas model PJBL dalam meningkatkan kemampuan belajar BTQ peserta didik kelas tahsin di MTs Sunan Ampel Kebet Lamongan. Jenis penelitian dalam skripsi ini adalah kuantitatif deskriptif, metode yang digunakan adalah tes, wawancara, observasi, dokumentasi, dan kuisioner atau angket dengan analisis data statistik. Hasil penelitian mengungkapkan terdapat perubahan signifikan terhadap kondisi peserta didik sesudah mempelajari BTQ dengan model PJBL. Berdasarkan hasil observasi peneliti melihat bahwa pembelajaran BTQ dengan model PJBL di MTs Sunan Ampel Kebet Lamongan sudah cukup baik, dalam proses belajar peserta didik bersungguh-sungguh dalam mengikuti pembelajaran. Dapat juga dilihat pada hasil uji korelasi product moment sebesar 0,756 yang menunjukkan bahwa antara variable X (Model Project Based Learning) dan variable Y (kemampun belajar Baca Tulis Qur’an) memiliki korelasi yang tinggi dengan rentang nilai 0,70 – 0,90.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Mahfudloh, Ayi' Lailyd71219063@student.uinsby.ac.idD71219063
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorNiam, Khoirun-2025077001
Thesis advisorAssegaf, Abd. Rachmanprofassegaf@gmail.com2012036402
Subjects: Manajemen Pendidikan
Keywords: Kemampuan belajar BTQ; Project Based Learning; efektifitas model pembelajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ayi' Laily Mahfudloh
Date Deposited: 11 May 2023 02:24
Last Modified: 11 May 2023 02:24
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/62160

Actions (login required)

View Item View Item