Penerapan metode at tartil dalam meningkatkan kemampuan membaca dan menulis huruf hijaiyah: study kasus di TK Muslimat NU 200 Kureksari Waru Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Putri, Manisa (2023) Penerapan metode at tartil dalam meningkatkan kemampuan membaca dan menulis huruf hijaiyah: study kasus di TK Muslimat NU 200 Kureksari Waru Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Manisa Putri_D99219049.pdf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan perencanaan yang disusun dalam menerapkan metode at tartil, mendeskripsikan penerapan metode at tartil dan mendeskripsikan proses evaluasi metode at tartil di TK Muslimat NU 200 Kureksari Waru Sidoarjo. Penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus dengan teknik pengambilan data dari hasil wawancara, observasi dan dokumentasi. Untuk dapat mengetahui peningkatan kemampuan membaca dan menulis huruf hijaiyah anak digunakan metode check list. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perencanaan metode at tartil diperlukan persiapan mengenai apa saja yang diperlukan untuk kegiatan belajar, antara lain RPP buku metode at tartil, buku tulis anak, buku prestasi, serta alat peraga metode at tartil. Penerapan metode at tartil dibagi menjadi tiga metode, metode klasikal, metode semi-klasikal dan metode privat. Guru memberikan contoh bacaan kepada anak kemudian anak menirukan bacaan guru. Begitujuga untuk kegiatan menulis, guru memberikan contoh menulis huruf hijaiyah di papan terlebih dahulu kemudian anak menirukan menulis huruf hijaiyah seperti yang dicontohkan di papan..Evaluasi kegiatan mengaji metode at tartil dilakukan dengan mengisi penilaian di buku prestasi peserta didik, tes kenaikan jilid dan munaqasah. Setelah metode at tartil diterapkan, kemampuan membaca dan menulis huruf hijaiyah anak meningkat berdasarkan hasil observasi secara checklist. Hal ini menunjukkan bahwa metode at tartil cukup efektif untuk diterapkan pada anak usia dini. Meski ada peserta didik yang susah untuk fokus atau sering absen, dan karena dengan sikap guru yang langsung tanggap dengan memberikan bimbingan secara privat, maka kelemahan metode at tartil dapat sedikit demi sedikit dapat diatasi.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Putri, Manisamanisaputri04@gmail.comD99219049
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSyafi'i, Imamimamsyafii.iwa@gmail.com2020117003
Thesis advisorDwijo, Al Qudus Nofiandri Eko Suciptoalqudusnes@gmail.com197311162007101001
Subjects: Anak
Metode Pembelajaran
Al Qur'an
Keywords: Metode at tartil; kemampuan membaca dan menulis huruf hijaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Anak Usia Dini (PIAUD)
Depositing User: Manisa Putri
Date Deposited: 11 May 2023 06:45
Last Modified: 11 May 2023 06:45
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/62165

Actions (login required)

View Item View Item