Pengaruh komitmen organisasi dan kepuasan pegawai terhadap loyalitas pegawai di Kantor Kementerian Agama Kabupaten Gresik

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Adhibah, Nailatul (2022) Pengaruh komitmen organisasi dan kepuasan pegawai terhadap loyalitas pegawai di Kantor Kementerian Agama Kabupaten Gresik. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Nailatul Adhibah_B04218019.pdf

Download (2MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan membuktikan pengaruh komitmen organisasi dan kepuasan pegawai terhadap loyalitas pegawai Kementerian Agama Kabupaten Gresik secara parsial dan simultan. Selain itu, tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui nilai hubungan antara variabel independen terhadap variabel dependen untuk memprediksi tingkat loyalitas pegawai Kementerian Agama Kabupaten Gresik. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kuantitatif yang hipotesis asosiatif. Peneliti menggunakan teknik uji asumsi klasik dan uji regresi linear berganda untuk menjawab tujuan dari penelitian. Penelitian ini dilakukan di Kementerian Agama Kabupaten Gresik dengan responden sejumlah 31. Hasil dari penelitian ini adalah (1) adanya pengaruh komitmen organisasi dan kepuasan pegawai terhadap loyalitas pegawai. (a) secara parsial, terdapat pengaruh yang signifikan antara variabel komitmen organisasi terhadap variabel loyalitas pegawai. Hal ini dibuktikan nilai signifikansi yang menunjukkan nilai sebesar 0,000 < 0,05. Sejalan dengan hal tersebut, nilai signifikansi variabel kepuasan pegawai terhadap komitmen organisasi menunjukkan angka sebesar 0,000 < 0,05 yang berarti terdapat pengaruh yang signifikan. (b) secara simultan, terdapat pengaruh antara variabel independen terhadap variabel dependen, hal ini dibuktikan nilai signifikansi pada tabel Annova yang menunjukkan angka 0,000 (2) nilai hubungan antara komitmen organisasi dan kepuasan pegawai terhadap loyalitas pegawai secara parsial dan simultan. (a) secara parsial, nilai hubungan antara variabel komitmen organisasi terhadap loyalitas pegawai adalah sebesar 0,909. Sedangkan pada variabel kepuasan pegawai adalah sebesar 0,954. (b) secara simultan, nilai hubungan antara variabel independen dengan variabel dependen adalah sebesar 0,960 (3) nilai hubungan tertinggi antara variabel independen terhadap variabel dependen adalah komitmen organisasi. (4) loyalitas dapat diprediksi dengan menggunakan model regeresi pada penelitian ini, karena nilai SEE lebih kecil dari nilai Standart Error Deviations, yaitu 0.943 < 3,171.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Adhibah, Nailatuladhibahadh@gmail.comB04218019
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorHaris, Achmad Murtafiamharis05@gmail.com2004037002
Subjects: Manajemen Dakwah
Organisasi Masyarakat
Keywords: Komitmen organisasi; kepuasan pegawai; loyalitas pegawai
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Manajemen Dakwah
Depositing User: Nailatul Adhibah
Date Deposited: 11 May 2023 06:49
Last Modified: 11 May 2023 06:49
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/62166

Actions (login required)

View Item View Item