Ekologi kota Baghdad dan perubahannya pada masa pemerintahan Harun al-Rasyid (786-809 M)

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Putri, Avianty Kusumah Ning (2023) Ekologi kota Baghdad dan perubahannya pada masa pemerintahan Harun al-Rasyid (786-809 M). Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Avianty Kusumah Ning Putri_A92219079.pdf

Download (2MB)

Abstract

Skripsi ini berjudul ekologi kota Baghdad dan perubahannya pada masa pemerintahan Harun al-Rasyid 786-809 M, dengan rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: 1) bagaimana biografi Harun al-Rasyid, 2) bagaimana sejarah kota Baghdad, dan 3) bagaimana ekologi kota Baghdad dan perubahannya pada masa pemerintahan Harun al-Rasyid, dan 4) Bagaimana perubahan ekologi yang terjadi pada masa pemerintahan Harun al-Rasyid? Penelitian ini merupakan penelitian sejarah perkotaan yang menggunakan pendekatan historis dan sosiologis dengan konsep urbanisasi. Pendekatan historis untuk menjelaskan bagaimana asal usul nama Baghdad hingga pada ekologi kota Baghdad. Pendekatan sosiologis dengan konsep urbanisasi menjelaskan masyarakat yang bertempat tinggal di suatu tempat dan menggunakan lahan-lahan untuk dibangun sebagai kebutuhan masyarakat seperti, masjid sebagai tempat beribadah dan lainnya. Adapun metode yang digunakan oleh peneliti dalam penulisan sejarah ini adalah: Heuristik, Kritik, Interprestasi, dan Historiografi. Berdasarkan hasil penelitin, maka dapat disimpulkan: 1) Harun al-Rasyid merupakan khalifah kelima dinasti Abbasiyah yang memerintah pada tahun 786-809 M menggantikan saudaranya, Al-Hadi. Beliau memiliki kepribadian sangat menggemari ilmu pengetahuan sehingga pada masa pemerintahannya banyak dilakukan pembangunan di kota Baghdad. 2) Baghdad didirikan oleh Khalifah al-Mansur pada tahun 762 M. Kota itu dirancang berbentuk bundar yang berpusat pada istana Khalifah yang berdiri tapat ditengah kota. 3) ekologi yang terjadi disebabkan oleh beberapa faktor diantaranya yaitu banyaknya harta yang dimiliki negara dan kecintaan Harun al-Rasyid terhadap ilmu pengetahuan. 4) Dalam masa pemerintahannya, khalifah Harun al-Rasyid melakukan banyak pembangunan dalam sektor pendidikan dan infrastruktur kota. Beliau membangun perpustakaan, akademi kesehatan, rumah sakit hingga fasilitas yang lain. Beliau juga membangun istana, pemandian umum, saluran irigasi, dan Masjid.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Putri, Avianty Kusumah Ningaviantyputri2011@gmai.comA92219079
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorZakariya, Nur Mukhlismukhlishnur12@gmail.com2001107302
Thesis advisorHajar, Imam IbnuIbnuhajar@ac.id2006086802
Subjects: Negara Islam
Sejarah Peradaban Islam
Ekologi
Keywords: Baghdad; ekologi; Harun al-Rasyid
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Sejarah dan Peradaban Islam
Depositing User: Avianty Kusumah Ning Putri
Date Deposited: 11 May 2023 07:46
Last Modified: 11 May 2023 07:46
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/62172

Actions (login required)

View Item View Item