Analisis maṣlaḥah mursalah terhadap penggunaan Fitur Dana cepat penjual di Aplikasi Shopee

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Handayani, Selvy Eka (2023) Analisis maṣlaḥah mursalah terhadap penggunaan Fitur Dana cepat penjual di Aplikasi Shopee. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Selvy Eka Handayani_C92219138_OK.pdf

Download (1MB)

Abstract

Dalam penelitian ini data diperoleh dari wawancara dan dokumentasi. Wawancara dilakukan secara langsung kepada beberapa penjual yang menggunakan fitur dana cepat penjual yaitu Adelia Dwi dan Diva Lestari serta customer service shopee melalui wawancara online. Dokumentasi dalam penelitian ini diperoleh dari dokumen yang berkaitan dengan penggunaan fitur dana cepat penjual di aplikasi shopee. Teknik analisis yang digunakan adalah deskriptif kualitatif yaitu dengan menganalisis data yang diperoleh dengan memaparkan dan menganalisa praktik penggunaan fitur dana cepat penjual di aplikasi shopee yang akan dianalisis dengan maṣlaḥah mursalah. Dari hasil penelitian dapat diambil kesimpulan bahwa : Pertama, praktik penggunaan fitur dana cepat penjual di aplikasi shopee termasuk dalam pinjaman yang diberikan oleh shopee kepada penjual yang ingin mendapatkan dana secara cepat. Dalam hal ini, penjual (penerima dana) dan shopee(pemberi dana) tidak sesuai dengan syarat akad qarḍ. Pinjaman tersebut tidak sesuai dengan akad qarḍ. karena terdapat tambahan biaya saat pembayaran pinjaman dilakukan yaitu dengan adanya biaya harian yang langsung terpotong otomatis pada saldo penjualan hingga barang yang dikirim telah selesai diproses. Kedua, dalam analisis maṣlaḥah mursalah dalam penggunaan fitur dana cepat penjual di aplikasi shopee dianggap sesuai dengan maṣlaḥah mursalah karena memberikan kemanfaatan dengan mempercepat dana yang diberikan kepada penjual. Biaya penanganan yang dibebankan juga diperbolehkan menurut beberapa ulama karena biaya tersebut merupakan syarat terealisasinya transaksi dan tidak termasuk syarat yang dilarang oleh syariat Islam.Berdasarkan kesimpulan di atas, penulis menyarankan kepada pihak shopee untuk dapat memperluas pengguna fitur dana cepat penjual agar penjual yang belum masuk kategori starseller dapat memanfaatkan fitur dana cepat untuk membantu percepatan pencairan dana penjualan dan pihak shopee dapat membantu penjual dengan mengurangi biaya penanganan yang diberikan kepada penjual yang menggunakan fitur dana cepat penjual.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Handayani, Selvy Ekaselvyeka9@gmail.comC92219138
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorWigati, Srisriwigati@uinsby.ac.id2021027302
Subjects: Hukum Islam > Perjanjian
Keywords: Aplikasi Shoope; Aplikasi online; Maṣlaḥah, Dana cepat, Pinjaman
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: Selvy Eka Handayani
Date Deposited: 11 May 2023 04:11
Last Modified: 11 May 2023 04:11
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/62177

Actions (login required)

View Item View Item