تحليل الأخطاء الصوتية في قراءة سورة يوسف لدى طلاب الفصل الأول في المعهد "المتقين فنجاسيلا ساكتي" كلاطين

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Zahroh, Fatimatuz (2023) تحليل الأخطاء الصوتية في قراءة سورة يوسف لدى طلاب الفصل الأول في المعهد "المتقين فنجاسيلا ساكتي" كلاطين. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Fatimatuz Zahroh_A01219013.pdf

Download (2MB)

Abstract

Dalam mempelajari bahasa tidak lepas dari kesalahan. Kesalahan fonologi adalah kesalahan yang terjadi pada bunyi Bahasa Arab yang meliputi harakatnya, penambahan huruf, penggantian huruf dan lain-lain. Fokus penelitian ini mengidentifikasi kesalahan-kesalahan fonologi berdasarkan bentuk-bentuk kesalahan dan sebab-sebab kesalahan berbahasa dalam membaca Surah Yusuf. Untuk itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) bentuk-bentuk kesalahan membaca Surat Yusuf santri di Pondok Pesantran Al-Muttaqien Pancasila Sakti Klaten dalam tataran fonologi, 2) faktor-faktor penyebab kesalahan membaca dan upaya untuk meminimalisasi kesalahan membaca Surat Yusuf oleh siswi kelas 1 PondokPesantran Al-Muttaqien Pancasila Sakti Klaten.
Dalam penelitian ini metode yang digunakan yaitu kualitatif dengan cara melakukan pengumpulan data pada saat siswa membaca Al-Qur’an kemudian mengidentifikasi kesalahan-kesalahan yang terdapat pada bacaan tersebut. Dan jenis penilitiannya adalah analisis kesalahan.Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa kesalahan fonologi dalam membaca Al-Qur‟an siswi kelas 1 PondokPesantran Al-Muttaqien Pancasila Sakti Klaten adalah 1) a. Kesalahan penggantian huruf satu dengan lainnya ada 13 kesalahan (huruf ‘ain dengan hamzah ada 8, huruf syin dengan sin ada 2, huruf huruf qof denan kaf ada 1, huruf tho’ dengan ta’ ada 2). b. Memanjangkan suara yang pendek ada 6. c. Serta memendekkan suara yang Panjang ada 2. 2) Kesalahan yang disebabkan penerapan aturan atau kurangnya praktek dan 10 kesalahan yang disebabkan kurangnya praktek dan terpengaruhnya bahasa ibu

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Zahroh, Fatimatuzfazhaanjanii@gmail.comA01219013
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorThoriqussuud, Muhammadthoriqussuud@uinsby.ac.id2018118001
Thesis advisorHikmawati, Masnamasna.hikmawati@uinsby.ac.id--
Subjects: Kesusastraan > Arab
Kesusastraan
Kesusastraan > Kesusastraan Arab
Keywords: kesalahan fonetik dalam membaca Surah Yusuf
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Bahasa dan Sastra Arab
Depositing User: Fatimatuz Zahroh
Date Deposited: 11 May 2023 13:10
Last Modified: 11 May 2023 13:10
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/62188

Actions (login required)

View Item View Item