Voluntary childlessness pada pasangan muslim: kajian ma’ani al-hadith riwayat al-nasai nomor indeks 3227

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Baihaqi, Bimo Dai (2023) Voluntary childlessness pada pasangan muslim: kajian ma’ani al-hadith riwayat al-nasai nomor indeks 3227. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Bimo Dai Baihaqi_E75219053_OK.pdf

Download (1MB)

Abstract

Voluntary Childlessness ditujukan kepada mereka, seseorang atau pasangan yang memilih dengan kesadaran penuh dan sukarela untuk tidak memiliki anak, bukan karena permasalahan kesahatan, kondisi, kesuburan ataupun yang lainnya. Sementara perempuan atau pasangan tanpa anak tetap menjadi minoritas, kehadiran mereka yang terus berkembang patut mendapat perhatian. Pada penelitian ini difokuskan kepada voluntary childlessness pada pasangan muslim yang dikaitkan dengan hadis riwayat al-Nasai no. 3227. Rumusan masalah untuk mendapatkan hasil yang akademis dari penelitian tersebut meliputi: Pertama, bagaimana kualitas hadis tentang memperbanyak keturunan dalam riwayat al-Nasai no. 3227. Kedua, bagaimana pemaknaan hadis tentang memperbanyak keturunan, Ketiga, bagaimana pandangan hadis mengenai voluntary childlessness serta implikasinya bagi masyarakat muslim? Metode ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan ma’ani al-h}adth dengan sumber utama yang digunakan dalam penelitian ini adalah Sunan al-Nasai, Tadhib al-Kamal fi Asma’ al-Rijal, al-Qur'an, jurnal ilmiah, dan buku-buku lainnya yang mendukung tema penelitian ini. Penemuan dari penelitian ini meliputi: Pertama, kualitas hadis tentang memperbanyak keturunan dalam riwayat al-Nasai no. 3227 sahih lidhatihi. Kedua, Nabi melarang dan perlu mempertimbangkan ketika ingin menikahi perempuan yang tidak dapat atau tidak ingin memiliki anak. Ketiga, Nabi menganjurkan untuk memiliki keturunan yakni agar generasi umat Islam semakin banyak karena Nabi bangga dengan jumlah umatnya yang banyak.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Baihaqi, Bimo Daibimodb@gmail.comE75219053
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMuhid, Muhidmuhid@uinsby.ac.id2002106301
Subjects: Al Qur'an
Hadis
Keywords: Voluntary Childlessness; al-Nasai; Tanpa anak
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Ilmu Hadis
Depositing User: Bimo Dai Baihaqi
Date Deposited: 31 May 2023 02:10
Last Modified: 31 May 2023 02:10
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/62196

Actions (login required)

View Item View Item