Pemetaan beban emisi Karbon Dioksida (CO2), Metana (CH4), dan Dinitrogen Oksida (N2O) dari pembakaran sampah rumah tangga secara terbuka: studi kasus Kecamatan Semen Kabupaten Kediri

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Faizzah, Azka Auliyatul (2023) Pemetaan beban emisi Karbon Dioksida (CO2), Metana (CH4), dan Dinitrogen Oksida (N2O) dari pembakaran sampah rumah tangga secara terbuka: studi kasus Kecamatan Semen Kabupaten Kediri. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Azka Auliyatul Faizzah_H75219021.pdf

Download (3MB)

Abstract

Pembakaran sampah menjadi alternatif pengolahan di negara berkembang karena lebih mudah dan praktis dalam mereduksi timbulan sampah. Penduduk di Kecamatan Semen masih mengolah sampah dengan cara melakukan pembakaran di lahan terbuka. Asap dari pembakaran sampah berdampak terhadap kesehatan manusia yaitu dapat menjadikan penyakit Inspeksi Saluran Pernapasan Akut (ISPA) sedangkan dampak terhadap lingkungan menjadi salah satu penyumbang emisi gas rumah kaca. Emisi yang relevan terhadap pembakaran sampah yaitu Karbon Dioksida (CO2), Metana (CH4), dan Dinitrogen Oksida (N2O). Tujuan penelitian ini untuk menghitung dan mengetahui peta persebaran beban emisi yang dihasilkan dari pembakaran sampah secara terbuka. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitaif. Data dalam penelitian ini diperoleh dari sampling timbulan sampah dan kuesioner. Analisis beben emisi mengunakan metode dari (Intergovernmental Panel on Climate Change) IPCC dan pemetaan menggunakan software Arc Map 10.8. Hasil dari pemetaan diketahui beban emisi tertinggi terdapat di Desa Pagung dan Desa Sidomulyo sedangkan emisi terendah terdapat di Desa Titik. Beban emisi Desa Pagung sebesar 262,1329 ton/tahun, beban emisi Desa Sidomulyo sebesar 248,3172 ton/tahun, dan beban emisi Desa Titik Sebesar 70,0222 ton/tahun. Faktor yang mempengaruhi beban emisi antara lain jumlah penduduk, timbulan sampah, kuantitas, dan frekuensi pembakaran.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Faizzah, Azka Auliyatulazkaauliya1310@gmail.comH75219021
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorNurmaningsih, Dyah Ratridyahratrin@gmail.com2022038501
Thesis advisorUtama, Teguh Tarunautama.teguh87@gmail.com2002058704
Subjects: Teknik Lingkungan
Keywords: Beban emisi; pembakaran sampah; sampah rumah tangga
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Studi Tehnik Lingkungan
Depositing User: Azka Auliyatul Faizzah
Date Deposited: 17 May 2023 03:01
Last Modified: 17 May 2023 03:01
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/62207

Actions (login required)

View Item View Item