Pemerdayaan ekonomi nelayan Jurong Mata Ie Gampong Anoi Itam melalui pengelolaan Eungkot Suree menjadi Keumamah di Kota Sabang

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Ferdiansyah, Reza (2022) Pemerdayaan ekonomi nelayan Jurong Mata Ie Gampong Anoi Itam melalui pengelolaan Eungkot Suree menjadi Keumamah di Kota Sabang. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Reza Ferdiansyah_B52218044_OK.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian yang dilakukan di Jurong Mata Ie ini bertujuan untuk mengembangkan aset yang dimiliki oleh masyarakat nelayan. Aset tersebut berupa hasil laut yang berlimpah ruah namun belum terkelola dengan maksimal dan baik. Kelompok ibu-ibu nelayan Jurong Mata Ie menjadi subjek dampingan yang dilakukan oleh peneliti. Adapun metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah melalu pendekatan ABCD (Asset Based Community Development). Langkah-langkah yang dilakukan oleh peneliti dalam menggali data dan informasi adalah dengan melaksanakan serangkaian aksi secara nyata di lapangan. Aksi yang dilakukan tersebut ialah wawancara, observasi, dan FGD bersama masyarakat. Fokus utama dalam pendampingan ini yaitu pengembangan pada aset eungkot suree yang kemudian dikelola menjadi keumamah yang dapat meningkatkan perekonomian masyarakat nelayan pada sektor perikanan. Hasil dari pendampingan dapat dilihat dari adanya perubahan pada masyarakat. Perubahan tersebut berupa masyarakat sadar dan memiliki pemahaman mengenai aset yang dimiliki serta mengetahui bagaimana cara untuk mengelola aset dengan maksimal, sehingga terbukanya peluang pasar yang dapat meningkatkan perekonomian nelayan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Ferdiansyah, Rezarezaferdiansyahsabang@gmail.comB52218044
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorFitriyah, Ries Dyahriesdyah@uinsby.ac.id197804192008012014
Subjects: Ekonomi
Pengabdian Masyarakat
Keywords: Pendampingan; Keumamah; Aset; Ekonomi Nelayan
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Reza Ferdiansyah
Date Deposited: 25 May 2023 02:44
Last Modified: 25 May 2023 02:44
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/62210

Actions (login required)

View Item View Item