Peningkatan penguasaan kayfiyyah shalat fardhu pada Mata Pelajaran Fiqih melalui video Youtube di Kelas II A MINU Ngingas Waru Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Putri, Nurleila Rizqi (2023) Peningkatan penguasaan kayfiyyah shalat fardhu pada Mata Pelajaran Fiqih melalui video Youtube di Kelas II A MINU Ngingas Waru Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Nurleila Rizqi Putri_D77219051 ok.pdf

Download (9MB)

Abstract

Latar belakang dari penelitian ini yaitu rendahnya penguasaan kayfiyyah shalat fardhu pada mata pelajaran Fiqih di kelas II A MINU Ngingas Waru Sidoarjo, hal tersebut dibuktikan pada hasil pra siklus yang memperoleh Persentase ketuntasan belajar sebesar 27,58% dengan kriteria kurang dengan nilai rata-rata 64,5% dari 29 peserta didik hanya 8 yang tuntas. Maka sebab itu, peneliti akan melalukan usaha untuk meningkatan penguasaan kayfiyyah shalat fardhu dengan Media video Youtube yang dilakukan dengan penelitian tindakan kelas melalui dua siklus. Tujuan dari penelitian ini adalah, 1) Untuk mengetahui penerapan media pembelajaran Youtube dalam meningkatkan penguasaan kayfiyyah shalat fardhu pada mata pelajaran Fiqih di kelas II A MINU Ngingas Waru Sidoarjo. 2) Untuk mengetahui peningkatan penguasaan kayfiyyah shalat fardhu setelah penerapan media pembelajaran Youtube pada mata pelajaran Fiqih di kelas II A MINU Ngingas Waru Sidoarjo. Metode penelitian ini dengan menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan model Kurt Lewin melalui dua siklus yang terdiri dari empat tahapan, yakni: Perencanaan, Tindakan, Observasi Dan Refleksi. Subjek penelitian ini yaitu peserta didik kelas II A MINU Ngingas Waru Sidoarjo yang berjumlah 29 peserta didik. Teknik pengumpulan data yaitu dilakukan dengan observasi, tes, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) penerapan Media video Youtube dapat berjalan dengan baik. Dilihat hasil aktivitas guru pada siklus I yaitu 73,91 kemudian terdapat perbaikan pada siklus II hasil aktivitas guru meningkat menjadi 85. Sama dengan hasil aktivitas peserta didik saat siklus I mendapat nilai 75, kemudian pada siklus II terdapat peningkatan menjadi 88,89. 2) peningkatan penguasaan kayfiyyah shalat fardhu setelah menggunakan Media video Youtube pra siklus memperoleh Persentase 27,50% (sangat kurang), lalu pada siklus I 58%(kurang), lalu pada siklus II memperoleh peningkatan 82,75%(baik).

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Putri, Nurleila Rizqiellaalela11@gmail.comD77219051
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorTamwifi, Irfanirf.tamwifi@gmail.com2002017001
Thesis advisorMusthofa, M. Bahribahri.musthofa007@gmail.com2022077302
Subjects: Fikih
Salat
Keywords: Penguasaan kayfiyyah shalat fardhu; media video Youtube; fiqih
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Nurleila Rizqi Putri
Date Deposited: 12 May 2023 03:14
Last Modified: 12 May 2023 03:14
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/62218

Actions (login required)

View Item View Item