Multikultural pada arsitektur Makam Agung Karang Kemasan Blega Bangkalan

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Widad, Sef (2023) Multikultural pada arsitektur Makam Agung Karang Kemasan Blega Bangkalan. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Widad Sef_A02219042_OK.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan : (1) Asal-usul Kampung Karang Kemasan (2) Keberadaan Makam Agung Blega Bangkalan (3) Multikultural pada arsitektur Makam Agung Blega Objek pada penelitian ini adalah bangunan makam Agung Blega Bangkalan. Penelitian ini menggunakan pendekatan antropologi budaya yang dianggap mampu untuk memaparkan secara jelas mengenai multikultural pada arsitektur makam agung Blega Bangkalan. Selain itu juga menggunakan pendekatan historis untuk mengungkapkan periodesasi dan peristiwa yang terjadi di masa lalu. Sedangkan teori yang digunakan ialah Penetration Pasifique dikenalkan oleh Hasan Muarif Hambary yang menyatakan bahwa masuknya budaya satu dengan budaya lainnya yang berlangsung secara damai. Dengan menggunakan metode penelitian arkeologi yaitu survey, pengamatan dan deskripsi, analisis arkeologi, pelaporan yang dijadikan sebagai acuan dalam berjalannya penelitian ini. Dari hasil penelitian yang dilakukan dapat diambil kesimpulan bahwa, (1) Asal-usul Kampung Karang Kemasan memiliki keterkaitan dengan peristiwa peperangan antara kerajaan di Madura dengan Kerajaan Mataram Islam guna melakukan ekspansi perluasan wilayah (2) Makam Agung Blega yang merupakan makam dari Pangeran Blega yang berasal dari Kerajaan Arosbaya yang mana berdirinya bermula dengan datangnya Ario Lembu Petteng yang datang ke pulau Madura dengan menjabat sebagai kamituwo yang berada dibawah Kerajaan Majapahit (3) terdapat multikultural pada makam Agung Blega ini dengan berbagai unsur budaya meliputi Islam, Hindu, Jawa-Madura, Barat, dan Cina yang menyatu dalam arsitektur dan ragam hias didalamnya.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Widad, SefWidadsef06@gmail.comA02219042
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMasyhudi, Masyhudimasyhudi_adab@yahoo.com2006045901
Thesis advisorMuhammad, Ridwanridwanabubakar59@gmail.com2017075901
Subjects: Arsitektur
Arkeologi
Antropologi Budaya
Keywords: Arsitektur; Makam; Multikultural; Bangkalan
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Sejarah dan Kebudayaan Islam
Depositing User: Widad Sef
Date Deposited: 11 May 2023 16:03
Last Modified: 11 May 2023 16:03
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/62219

Actions (login required)

View Item View Item