تطبيق قواعد التهذيب اللغوي وانتهاكها في فيلم رايا والتنين الأخير بنظرية جيفري ليتش - Penerapan kesantunan berbahasa dan pelanggarannya dalam Film “Raya and the Last Dragon” berdasarkan teori Geoffrey Leech

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Nuzula, Firdausi (2023) تطبيق قواعد التهذيب اللغوي وانتهاكها في فيلم رايا والتنين الأخير بنظرية جيفري ليتش - Penerapan kesantunan berbahasa dan pelanggarannya dalam Film “Raya and the Last Dragon” berdasarkan teori Geoffrey Leech. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Firdausi Nuzula_A91219085 ok.pdf

Download (2MB)

Abstract

Kesantunan berbahasa merupakan sudut pandang kebahasaan yang sangat penting agar interaksi antara penutur dan lawan tutur berjalan dengan baik. Selain agar tidak menyinggung lawan tutur dan menghindari kesalahpahaman, kepribadian atau akhlak seseorang juga dapat dilihat dari bahasa yang ia gunakan, seseorang yang santun akan cenderung menggunkan bahasa yang baik begitupun sebaliknya. Film merupakan salah satu media hiburan dan informasi yang banyak mempengaruhi kepribadian seseorang, terutama dalam segi bahasanya. Dalam penelitian ini, peneliti mengkaji kesantunan dan pelanggaran berbahasa dalam film “Raya and the Last Dragon” dubbing bahasa Arab. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bentuk-bentuk peneparan prinsip kesantunan berbahasa dan pelanggarannya berdasarkan teori kesantunan Geoffrey Leech dalam film Raya and the Last Dragon. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Metode pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini adalah sebagai berikut (1) menonton dan mendengarkan tuturan tokoh film, (2) mendata tuturan yang mengandung kesantunan dan pelanggaran bahasa, dan (3) mengumpulkan data sesuai kaidah kesantunan bahasa Geoffrey Leech. Hasil penelitian menunjukkan lebih banyak tuturan yang mematuhi maksim kesantunan berbahasa. Berikut adalah jumlah hasil penelitian, terdapat 28 tuturan yang mematuhi prinsip kesantunan dan 15 tuturan yang melanggar prinsip kesantunan. Berdasarkan hasil penelitian, peneliti berharap penelitian ini dapat bermanfaat dan menambah wawasan khusunya dalam hal kesantunan berbahasa agar terus dipelajari dan dipraktekkan di kehidupan sehari-hari.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Nuzula, Firdausinuzulafirdausi354@gmail.comA91219085
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorThoriqussuud, Muhammadthoriqussuud@uinsby.ac.id2018118001
Thesis advisorHikmawati, Masnamasna.hikmawati@uinsby.ac.id199104132020122024
Subjects: Bahasa Arab
Etika
Linguistik
Keywords: Kesantunan berbahasa; Geoffrey Leech; Raya and the Last Dragon
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Bahasa dan Sastra Arab
Depositing User: Firdausi Nuzula
Date Deposited: 12 May 2023 07:23
Last Modified: 12 May 2023 07:23
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/62228

Actions (login required)

View Item View Item