التهذيب اللغوي والنتهاكه في فيلم الحسين ابن سينا عن شبكة يوتوب كارتون عربي

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Rohmah, Siti Maghfirotur (2023) التهذيب اللغوي والنتهاكه في فيلم الحسين ابن سينا عن شبكة يوتوب كارتون عربي. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabay.

[img] Text
Siti Maghfirotur_A71219067.pdf

Download (1MB)

Abstract

Manusia sebagai pengguna bahasa seringkali tidak memahami kaidah kebahasaan yang tepat untuk diterapkan dalam berkomunikasi. Maka dari itu, penting untuk memahami kaidah kesantunan berbahasa yang baik dan santun. Penerapan kaidah kesantunan berbahasa dapat dimulai dari pengguna bahasa yang paling dini yaitu anak-anak guna menghindari konflik yang akan terjadi di masa yang akan datang. Peneliti menggunakan film kartun sebagai salah satu variable dan sumber data dikarenakan pada umumnya film kartun dapat dinikmati oleh berbagai kalangan dan cenderung memiliki bahasa yang santun. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kesantunan berbahasa dan pelanggaran kaidah kesantunan berbahasa berdasarkan teori yang dikemukakan oleh Geofrrey Leech dalam film kartun "Al-Husain Ibn Sina”. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa film kartun “Al-Husain Ibn Sina” banyak mengandung kaidah kesantunan berbahasa dan sudah sesuai dengan tujuannya yaitu untuk pembelajaran bahasa Arab bagi anak-anak. Ditemukan sebanyak 25 tuturan yang mengandung kaidah kesantunan berbahasa dalam konteks kebijaksanaan, kedermawanan, penghargaan, kesederhaan, persetujuan dan simpati. Selain itu, ditemukan sebanyak 15 tuturan yang mengandung pelanggaran kaidah kesantunan berbahasa dalam konteks yang sama yaitu pelanggaran kebijaksanaan, pelanggaran kedermawanan, pelanggaran penghargaan, pelanggaran kesederhanaan, pelanggaran persetujuan dan pelanggaran simpati.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Rohmah, Siti Maghfirotursitimaghfirotur@gmail.comA71219067
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorRohim, Fathurfathurrohim0169@gmail.com2025016901
Thesis advisorSodikin, Sodikinsodikinalwi@uinsby.ac.id0028117206
Subjects: Bahasa Arab
Etika
Sastra
Keywords: Pragmatik; kesantunan berbahasa; film kartun
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Bahasa dan Sastra Arab
Depositing User: Siti Maghfirotur Rohmah
Date Deposited: 12 May 2023 08:16
Last Modified: 12 May 2023 08:16
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/62230

Actions (login required)

View Item View Item