Seleksi transforman bakteri Streptomyces thermoviolaceus hasil rekayasa genetika penghasil enzim Lipase

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Aini, Humayra Qurrata (2023) Seleksi transforman bakteri Streptomyces thermoviolaceus hasil rekayasa genetika penghasil enzim Lipase. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Humayra Qurrata Aini_H91219046 ok.pdf

Download (2MB)

Abstract

Enzim merupakan protein kompleks yang diproduksi oleh organisme. Enzim lipase berperan sebagai penghidrolisis trigliserida menjadi digliserida, monogliserida, asam lemak, dan gliserol. Salah satu mikroorganisme penghasil enzim lipase yaitu Streptomyces thermoviolaceus. Teknik rekayasa genetika yang dapat dilakukan adalah modifikasi genetik untuk mengoptimalkan jalur produksi protein dan menambahkan gen heterologous ke bakteri untuk produksi enzim yang efektif. Streptomyces termasuk sebagai bakteri termofilik sehingga enzim yang dihasilkan juga berfungsi dengan baik walaupun berada dalam kondisi suhu ekstrem. Tahap transformasi genetik meliputi seleksi terhadap sel-sel transforman yang memiliki tujuan untuk pemisahan sel transforman dari sel yang non transforman sehingga produksi enzim akan lebih efektif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keberhasilan seleksi transforman Streptomyces thermoviolaceus dan aktivitas enzim lipase yang diproduksi. Metode penelitian yang digunakan yaitu eksperimental laboratorium. Metode seleksi transforman menggunakan antibiotik Apramisin, Kanamisin, dan Asam Nalidiksat sebagai agen penyeleksi. Sedangkan, uji aktivitas enzim menggunakan p-nitrophenyl butyrate sebagai substrat. Hasil seleksi transforman pada 4 sampel yaitu sampel 6, 8, 14, dan 15 berhasil dilakukan, sehingga dapat dikonfirmasi bahwa tahap transformasi sukses. Aktivitas enzim lipase tertinggi Bakteri rekombinan Streptomyces thermoviolaceus diperoleh sampel 15 pada masa inkubasi 24 jam sebesar 8,29 U/ml. Sedangkan, aktivitas enzim terendah diperoleh sampel 8 pada masa inkubasi 16 jam sebesar 1,14 U/ml.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Aini, Humayra Qurratahumayraqurrata@gmail.comH91219046
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorRokhim, Saikusaiku_rokhim_avicenna@yahoo.com2021128601
Thesis advisorRachmawati, Yuanitayuanitarhartono@gmail.com2019088803
Subjects: Biologi
Keywords: Bakteri; rekayasa genetika
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Studi Biologi
Depositing User: Humayra Qurrata Aini
Date Deposited: 12 May 2023 08:07
Last Modified: 12 May 2023 08:07
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/62233

Actions (login required)

View Item View Item