Pengaruh penggunaan media molubang terhadap motivasi belajar Matematika volume bangun ruang kelas VA MI Ma'arif Pagerwojo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Sari, Diajeng Avita (2023) Pengaruh penggunaan media molubang terhadap motivasi belajar Matematika volume bangun ruang kelas VA MI Ma'arif Pagerwojo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Diajeng Avita Sari_D07219008.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan karena motivasi belajar siswa kelas VA di MI Ma’arif Pagerwojo pada pembelajaran Matematika materi volume bangun ruang tergolong rendah, hal tarsebut dibuktikan dengan hasil lembar angket yang disebar pada 31 responden yang berisi 9 pernyataan positif mengenai motivasi belajar memperoleh hasil sebagai berikut. Terdapat 80,63% atau 25 responden yang memperoleh skor dibawah 30 sedangkan skor maksimalnya adalah 45. Penggunaan media molubang diharapkan dapat membantu seorang guru menciptakan suasana yang menarik dan menyenangkan pada saat proses pembelajaran berlangsung. Jika pada saat belajar siswa dalam suasana hati yang menyenangkan, maka mereka akan fokus, dan mudah memahami dan menerima materi pembelajaran yang disampaikan sehingga tujuan pembelajaran akan tercapai. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana motivasi belajar sebelum dan sesudah menggunakan media molubang dan untuk mencari tahu adakah pengaruh dari penggunaan media molubang terhadap motivasi belajar peserta didik pada materi Volume bangun Ruang di kelas VA MI Ma’arif Pagerwojo. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen. Eksperimen yang digunakan dalam penelitian ini berupa Pre-Experimental Design. Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah One Group Pretest-Postest Design. Dalam penelitian ini terdapat Pretest berupa lembar angket motivasi belajar, sebelum diberi perlakuan dan Posttest berupa lembar angket motivasi belajar. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VA MI Ma’arif Pagerwojo yang berjumlah 31 orang. Teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah observasi, angket dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan dengan perhitungan uji hipotesis menggunakan rumus Paired Sample t-test, yang mana perhitungannya dibantu dengan aplikasi SPSS Statistics 25 mendapatkan hasil 0,000 dengan dasar pengambilan keputuasan yaitu jika nilai Sig. (2-tailed) < 0,05 maka maka H_0 ditolak dan H_1 diterima yang mana hasil dari uji Paired Sample t-test pada penelitian ini adalah 0,000, sehingga 0,000 < 0,05 yang artinya adalah H_0 ditolak dan H_1 diterima. Dengan demikian terdapat pengaruh dari penggunaan media molubang terhadap motivasi belajar siswa kelas VA MI Ma’arif Pagerwojo, karena jika siswa termotivasi untuk belajar maka akan mudah dalam mencapai tujuan pembelajaran.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Sari, Diajeng Avitadiajengavitasari16501347@gmail.comD07219008
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorYanti, Aning Widaaning.widayanti@uinsby.ac.id0007128007
Thesis advisorFarisia, Hernikhernikfarisia@uinsby.ac.id201409007
Subjects: Pendidikan
Pendidikan > Media
Keywords: Media molubang; motivasi belajar; Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Diajeng Avita
Date Deposited: 15 May 2023 04:45
Last Modified: 15 May 2023 04:45
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/62235

Actions (login required)

View Item View Item