Penerapan strategi pembelajaran Picture and Picture untuk meningkatkan memampuan berpikir kritis siswa pada pembelajaran Tematik Kelas 3 MI Roudlotul Banat

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Izakiyah, Nurus Shobach (2023) Penerapan strategi pembelajaran Picture and Picture untuk meningkatkan memampuan berpikir kritis siswa pada pembelajaran Tematik Kelas 3 MI Roudlotul Banat. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Nurus Shobach Izakiyah_D77219052 ok.pdf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan karena pembelajaran di kelas III-A yang masih dikategorikan kurang baik dan pembelajaran masih berpusat pada guru. Guru masih kesulitan memilih strategi pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik siswa. Siswa kurang antusias dalam mengikuti kegiatan pembelajaran. Permasalahan tersebut berpengaruh pada rendahnya kemampuan berpikir kritis siswa, berdasarkan hasil tes evaluasi yang dilaksanakan pada pra siklus kemampuan berpikir kritis siswa sebesar 40,90%. Oleh sebab itu, peneliti melakukan usaha perbaikan pembelajaran melalui penelitian tindakan kelas dengan menggunakan strategi pembelajaran picture and picture. Tujuan penelitian : 1) Untuk mengetahui penerapan strategi pembelajaran picture and picture untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa pada pembelajaran tematik kelas 3 MI Roudlotul Banat. 2) Untuk mengetahui peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa kelas 3 melalui strategi pembelajaran picture and picture di MI Roudlotul Banat. Metode penelitian tindakan kelas ini menggunakan model Kurt Lewin yang terdiri dari dua siklus setiap siklus diadakan dua kali pertemuan, setiap pertemuan memiliki 4 tahapan yaitu: 1) Perencanaan, 2) Pelaksanaan, 3) Pengamatan dan 4) Refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas III-A MI Roudlotul Banat yang berjumlah 22 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, tes dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Penerapan strategi pembelajaran picture and picture mampu meningkatkan aktivitas guru pada siklus I sebesar 71 termasuk kategori baik dan pada siklus II meningkat sebesar 25 sehingga menjadi 96 termasuk kategori sangat baik. Hasil aktivitas siswa pada siklus I sebesar 66 termasuk kategori baik dan pada siklus II meningkat sebesar 25 sehingga menjadi 91 termasuk kategori sangat baik. 2) Kemampuan berpikir kritis siswa mengalami peningkatan setelah menerapkan strategi pembelajaran picture and picture yang ditandai dengan meningkatnya persentase kemampuan berpikir kritis siswa pada siklus I adalah 63,63% (Baik), kemudian pada siklus II meningkat sebanyak 19,73% sehingga menjadi 83,36% (Sangat Baik).

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Izakiyah, Nurus ShobachNurusshobachizakiyah@gmail.comD77219052
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorRusydiyah, Evi Fatimaturevifatimatur@uinsby.ac.id2027127301
Thesis advisorFarisia, Hernikhernikfarisia@uinsby.ac.id2008088301
Subjects: Pendidikan > Strategi Belajar Mengajar
Pendidikan > Pembelajaran
Pendidikan > Pendidikan Dasar
Keywords: Strategi pembelajaran Picture and Picture; kemampuan berpikir kritis; pembelajaran Tematik
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Nurus Shobach Izakiyah
Date Deposited: 15 May 2023 03:43
Last Modified: 15 May 2023 03:43
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/62240

Actions (login required)

View Item View Item