Pengaruh penggunaan media tiga dimensi (3D) terhadap peningkatan hasil belajar Matematika materi nilai tempat di kelas 1 MINU Wedoro Waru Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Firdaus, Alfi Zahronia (2023) Pengaruh penggunaan media tiga dimensi (3D) terhadap peningkatan hasil belajar Matematika materi nilai tempat di kelas 1 MINU Wedoro Waru Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Alfi Zahronia Firdaus_D77219036.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi pada masalah siswa yang merasa bosan, kurang antusias dan kurang tertarik untuk mengikuti proses pembelajaran matematika, dimana hal tersebut membuat hasil belajar kognitifnya rendah. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar Matematika siswa kelas 1 dengan menggunakan media tiga dimensi fruits paper craft. Adapun tujuan khususnya adalah untuk mengetahui pengaruh yang signifikan pada penggunaan media tiga dimensi (3D) terhadap peningkatan hasil belajar Matematika materi nilai tempat. Pada penelitian ini, peneliti menggunakan pendekatan kuantitatif , jenis metode penelitian yakni quasi experiment dengan desain nonequivalent control group. Penelitian ini dilakukan kepada siswa kelas 1 MINU Wedoro Waru Sidoarjo yang dimana menggunakan dua kelas dengan diberikan perlakuan menggunakan media tiga dimensi di kelas eksperimen (1A) dan menggunakan pembelajarann konvensional di kelas kontrol (1B). Instrumen yang digunakan yaitu berupa tes yang berbentuk essay, jurnal harian siswa dan dokumentasi. Sebelum diberikan perlakuan, dilakukan tes awal (PreTest) dan diberikan tes akhir (PostTest) setelah dilaksanakan perlakuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan uji validitas, uji reliabilitas, statistik deskriptif, uji normalitas, uji homogenitas, uji hipotesis dan uji N-Gain. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata nilai PreTest kelas eksperimen sebesar 63,85, sedangkan kelas kontrol sebesar 61,85. dan untuk rata-rata nilai PostTest kelas eksperimen yaitu sebesar 86,15, sedangkan pada kelas kontrol sebesar 77,04. Sementara pada uji N-Gain terdapat hasil belajar siswa mengalami peningkatan tinggi pada kelas eksperimen sebesar 0,75 dan kelas kontrol mengalami peningkatan sedang sebesar 0,55. Yang artinya penggunaan media 3D terhadap hasil belajar Matematika materi nilai tempat yang diperoleh melalui indikator kognitif siswa kelas 1 tersebut mengalami peningkatan secara signifikan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Firdaus, Alfi Zahroniaalfizahra122@gmail.comD77219036
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSutini, Sutinisutinimiskum@uinsby.ac.id2003017703
Thesis advisorMusthofa, M. Bahribahri.musthofa007@gmail.com2022077302
Subjects: Pendidikan > Media
Pendidikan > Hasil Belajar
Keywords: Media tiga dimensi (3D); hasil belajar; Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Alfi Zahronia Firdaus
Date Deposited: 15 May 2023 05:41
Last Modified: 15 May 2023 05:41
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/62243

Actions (login required)

View Item View Item