سيطرة اللغة العربية على المشهد اللغوي في المساجد بسورابايا

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Nisa, Nisrina Aulia (2023) سيطرة اللغة العربية على المشهد اللغوي في المساجد بسورابايا. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Nisrina Aulia Nisa_A91219105.pdf

Download (4MB)

Abstract

Fokus permasalahan yang dibahas pada penelitian ini adalah: 1) jenis lanskap linguistik berbahasa arab (Bottom-Up dan Top-Down) dominasi bahasa arab terhadap bahasa lain pada masjid-masjid di Surabaya, 2) fungsi lanskap yang ada di ketiga masjid tersebut yang kedua adalah fungsi lanskap linguistik (fungsi informasional, fungsi simbolik dan fungsi seni), dan 3) dominasi bahasa arab terhadap bahasa lain pada masjid-masjid di Surabaya. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis lanskap linguistik berbahasa Arab di masjid-masjid kota Surabaya. Masjid yang dipilih oleh peneliti adalah masjid Nasional Al-Akbar Surabaya, Masjid Besar Kemayoran, dan Masjid Cheng Hoo, masjid Jami’ At-Taqwa dan Masjid Al-Mujahidin. Untuk menganalisis penelitian ini, peneliti menggunakan temuan berdasarkan teori Landry dan Bourhis, Cook, dan Alsaif. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dan kuantitatif. Temuan hasil kajian menunjukkan bahwa: 1) jenis lanskap linguistik Top-Down ditemukan di 3 masjid (Masjid Al-Akbar, Masjid Cheng Hoo dan Masjid Al-Mujahidin) berupa prasasti peresmian, sedangkan lanskap linguistik Bottom-Up ditemukan diseluruh masjid berupa papan informasi waktu sholat, papan nama masjid, tulisan doa-doa dan hiasan kaligrafi, 2) fungsi informasional ditemukan pada papan nama masjid, papan informasi waktu sholat dan jam dinding. Fungsi simbolik pada lanskap linguistik di masjid-masjid surabaya mewakili identitas pengunjung masjid dan kelompok yang ada di masjid. Fungsi seni ditemukan dalam jumlah paling banyak yaitu 108 buah berupa ukiran dan hiasan kaligrafi. dan 3) presentase penggunaan bahasa Arab di setiap masjid yaitu, Masjid Al-Akbar (24,20%), Masjid Cheng Hoo (18,42%), Masjid Kemayoran (21,74%), Masjid At-Taqwa (40%) dan Masjid Al-Mujahidin (52,94%).

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Nisa, Nisrina Aulianisrinaauli1401@gmail.comA91219105
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorYusuf, Kamal-2006067901
Thesis advisorSodikin, Sodikinsodikinalwi@uinsby.ac.id0028117206
Subjects: Bahasa Arab
Linguistik
Keywords: Lanskap Linguistik; Bahasa Arab; Masjid
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Bahasa dan Sastra Arab
Depositing User: nisrina aulia nisa
Date Deposited: 15 May 2023 07:49
Last Modified: 15 May 2023 07:49
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/62252

Actions (login required)

View Item View Item