Peningkatan hasil belajar SKI materi kisah teladan sahabat Usman Bin Affan melalui Platform Quizizz pada siswa kelas V MI Al-Karamah Banjaranyar Peterongan Jombang

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Priyogi, Yastami Arrizal (2023) Peningkatan hasil belajar SKI materi kisah teladan sahabat Usman Bin Affan melalui Platform Quizizz pada siswa kelas V MI Al-Karamah Banjaranyar Peterongan Jombang. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Yastami Arrizal Priyogi_D97219113_OK.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan karena rendahnya nilai belajar siswa pada mata pelajaran SKI materi kisah teladan sahabat Usman bin Affan pada kelas V MI Al-Karamah Banjaranyar Peterongan Jombang. Hal ini diketahui dari hasil observasi sebelum penelitian dan wawancara terhadap guru dan siswa kelas V serta hasil nilai harian. Penyebab terjadinya masalah yaitu guru dalam mengajar masih menggunakan cara konvensional sehingga membuat siswa merasa bosan, susah menerima materi serta menganggap pelajaran SKI itu sulit. Dari 31 siswa 11 diantaranya berhasil mencapai KKM yang ditentukan yaitu 76. Maka dari itu upaya dalam meningkatkan hasil belajar siswa dapat dilakukan melalui penggunaan Platform Quizizz dalam proses pembelajaran di kelas.
Tujuan dari penelitian ini adalah: 1) Mengetahui penggunaan Platform Quizizz dalam meningkatkan hasil belajar SKI materi kisah teladan sahabat Usman bin Affan pada siswa kelas V MI Al-Karamah Banjaranyar Peterongan Jombang. 2) Mengetahui peningkatan hasil belajar SKI materi kisah teladan sahabat Usman bin Affan melalui Platform Quizizz pada siswa kelas V MI Al-karamah Banjaranyar Peterongan Jombang. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas. Penelitian ini menggunakan model Kurt Lewin yang terdiri dari dua siklus dengan empat tahap yaitu, perencanaan, tindakan, observasi, refleksi. Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas V MI Al-Karamah Banjaranyar Peterongan Jombang dengan jumlah 31 siswa yang terdiri dari 13 laki-laki 18 perempuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, tes, dan dokumentasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Penggunaan Platform Quizizz dalam meningkatkan hasil belajar SKI materi kisah teladan sahabat Usman bin Affan sudah diterapkan dengan baik. Dapat dilihat dari perolehan nilai aktivitas guru pada siklus I sebesar 71,42% (cukup) meningkat menjadi 83% (baik) pada siklus II. Sedangkan pada aktivitas siswa juga mengalami peningkatan, pada siklus I sebesar 69,73% (cukup) meningkat menjadi 88,15% (sangat baik) pada siklus II. 2) Hasil belajar SKI materi kisah teladan sahabat Usman bin Affan melalui Platform Quizizz mengalami peningkatan. Dapat dilihat dari peningkatan persentase ketuntasan belajar siswa pada pra siklus 35,48% (kurang), siklus I 61,29% (kurang), siklus II 83,87% (baik).

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Priyogi, Yastami Arrizalyastamiarrizalp@gmail.comD97219113
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMasud, Sulthonsulthon.masud@uinsby.ac.id2010097301
Thesis advisorMusthofa, M. Bahribahri.musthofa007@gmail.com2022077302
Subjects: Budaya Islam
Pendidikan
Pendidikan > Pendidikan Dasar
Keywords: Peningkatan Hasil Belajar; SKI; Platform Quizizz
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Yastami Arrizal Priyogi Supriyanto
Date Deposited: 16 May 2023 05:18
Last Modified: 16 May 2023 05:18
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/62253

Actions (login required)

View Item View Item