Strategi guru pendidikan agama islam dalam membangun zona bebas perundungan di SMAN 3 Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Maghfiroh, Ariska (2023) Strategi guru pendidikan agama islam dalam membangun zona bebas perundungan di SMAN 3 Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Ariska Maghfiroh_D01219014.pdf

Download (2MB)

Abstract

Perundungan merupakan suatu perbuatan yang dilakukan oleh seseorang atau kelompok dengan maksud untuk menunjukkan kepada orang lain bahwa dirinya ada dengan cara mengolok-olok, memukul, atau bahkan melecehkannya tanpa merasa bersalah bahkan senang karenanya dan apa yang dilakukan pelaku intimidasi ketika korban merasa terancam menjadi ketakutan. Perundungan adalah suatu sikap atau perilaku dimana seseorang atau sekelompok orang yang merasa lemah secara fisik atau mental berulang kali menyakiti mereka secara fisik, verbal, atau psikologis dengan maksud membuat korban menderita.Topik pembahasan utama dalam penelitian ini membahasa tentang perundungan yang terjadi di lingkungan sekolah dan strategi yang digunakan guru Pendidikan Agama Islam dalam membangun zona bebas perundungan di SMAN 3 Sidoarjo menjadi topik bahasan utama dalam tesis ini. Tujuan dalam penelitian ini adalah menjelaskan kejadian perundungan yang terjadi di SMAN 3 Sidoarjo dan mendeskripsikan strategi guru Pendidikan Agama Islam dalam membangun zona bebas perundungan di SMAN 3 Sidoarjo.Hasil dalam penelitian ini menunjukkan bahwa perundungan yang terjadi di SMAN 3 Sidoarjo yaitu perundungan fisik, verbal dan relasional. Perundungan fisik yaitu dengan bentuk mecakar, mencekik, memukul dan melakukan hal-hal yang tidak boleh dilakukan, seperti memukul korban dengan benda tumpul hingga korban mengeluarkan banyak darah. Sedangkan perundungan verbal yang terjadi di SMAN 3 Sidoarjo yaitu memanggil nama siswa tidak sesuai dengan nama aslinya melainkan dengan nama julukan. Kemudian yang terakhir perundungan relasional yaitu bentuk perundungan dengan mengucilkan seseorang. Dalam menangani permasalahan ini guru Pendidikan Agama Islam mempunyai strategi dengan cara menasehati, melakukan pendekatan khusus, penanaman karakter, program Roots dan memberikan hukuman bagi pelaku perundungan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Maghfiroh, Ariskaariskamaghfiro@gmail.comD01219014
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorFuad, Zakkiah.zakki.fuad@uinsby.ac.id2027047401
Thesis advisorSutikno, Sutiknonohsutik@yahoo.co.id20066086803
Subjects: Akhlak > Akhlak Tercela
Keywords: Perundungan; Strategi; Guru PAI
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ariska Maghfiroh
Date Deposited: 13 May 2023 17:36
Last Modified: 13 May 2023 17:36
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/62257

Actions (login required)

View Item View Item