Analisis tren topik sistem informasi di Indonesia dari perspektif Topic Modeling menggunakan LDA (Latent Dirichlet Allocation)

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Pradana, Reynaldi Octa (2023) Analisis tren topik sistem informasi di Indonesia dari perspektif Topic Modeling menggunakan LDA (Latent Dirichlet Allocation). Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Reynaldi Octa Pradana_H76216073_OK.pdf

Download (1MB)

Abstract

Peningkatan jumlah peneliti di Indoenesia dari tahun ke tahun membuat jumlah publikasi penelitian ilmiah juga semakin meningkat. Selaras dengan hal tersebut, maka terdapat tren peningkatan publikasi ilmiah yang ada di Indonesia. Salah satu cara untuk menganalisis tren adalah menggunakan salah satu cabang keilmuan dari data mining yaitu metode Topic Modeling. Salah satu metode yang populer digunakan dalam topic modeling adalah metode LDA (Latent Dirichlet Allocation). Maka dari itu, penelitian ini meneliti tentang analisis tren topik sistem informasi di Indonesia. Dalam penelitian ini, data yang digunakan sebanyak 4354 baris dokumen dari total 30 jurnal yang dikumpulkan. Setelah itu data akan melalui proses pre-processing, kemudian pembentukan model oleh Bag of Words, dilanjutkan dengan mencari topik melalui metode LDA. Pada penelitian ini, metode topic coherence digunakan untuk mendapatkan jumlah topik pada model. Jumlah topik hasil dari topic coherence adalah 6 topik, namun karena saat divisualisasikan tidak membentuk model yang ideal, maka jumlah topik dikurangi hingga menjadi 3 topik. Pada penelitian ini, 3 topik tersebut direpresentasikan dengan topik Teknologi, topik Sistem Cerdas, dan topik Manajemen. Hasil dari penelitian ini adalah topik teknologi merupakan topik yang populer diangkat dalam penelitian sistem informasi, sedangkan topik Sistem Cerdas dan topik Manajemen masih jarang diangkat di dalam penelitian Sistem Informasi.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Pradana, Reynaldi Octapradanareynaldi@gmail.comH76216073
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorRolliawati, Dwidwi_roll@uinsby.ac.id2027097901
Thesis advisorKhalid, Khalidkhalid@uinsby.ac.id2009067902
Subjects: Teknologi > Teknologi Informasi
Keywords: Sistem Informasi; Analisis Tren; Topic Modeling; LDA; Topic Coherence
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Studi Sistem Informasi
Depositing User: Reynaldi Octa Pradana
Date Deposited: 13 May 2023 17:55
Last Modified: 13 May 2023 17:55
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/62259

Actions (login required)

View Item View Item