Solidaritas sosial komunitas pemain game online mobile legends bang bang di kalangan mahasiswa UIN Sunan Ampel Surabaya Tahun 2021-2023: tinjauan teori solidaritas sosial emile durkheim

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Putri, Diva Natasya (2023) Solidaritas sosial komunitas pemain game online mobile legends bang bang di kalangan mahasiswa UIN Sunan Ampel Surabaya Tahun 2021-2023: tinjauan teori solidaritas sosial emile durkheim. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Diva Natasya Putri_I03219014_OK.pdf

Download (1MB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini berawal dari mahasiswa UIN Sunan Ampel Surabaya yang memiliki minat serta hobi yang sama dalam bermain Game Online Mobile Legend Bang Bang, kemudian membentuk suatu komunitas dan melahirkan solidaritas sosial di dalamnya. Fokus dalam penelitian ini adalah mengetahui bagaimana bentuk-bentuk solidaritas yang dihasilkan mahasiswa dan mahasiswi UIN Sunan Ampel Surabaya dalam komunitas UINSA E-Sport pemain Game Online Mobile Legend, yaitu wadah yang menaungi mahasiswa dalam mengembangkan bakatnya di bidang non akademik. Proses yang digunakan untuk menggali data dan menyusun penelitian, menggunakan metode kualitatif deskriptif karena peneliti akan menjelaskan suatu hal yang terfokus pada realitas di lapangan dan terkait pada topik penelitian dilakukan melalui deskripsi fenomena sosial yang terjadi di masyarakat. Teknik yang digunakan untuk pemilihan sumber informasi atau informan menggunakan purposive sampling, Penggalian data diperoleh melalui teknik observasi, wawancara, serta dokumentasi. Peneliti menggunakan triangulasi sebagai upaya memperoleh keabsahan data. Peneliti menggunakan teori solidaritas sosial Emile Durkheim untuk mengkaji penelitian ini. Hasil yang didapat dari penelitian ini adalah bentuk solidaritas sosial mekanis dan organis yang dihasilkan dari kegiatan yang diadakan komunitas pemain Game Online Mobile Legend Bang Bang, yaitu mengadakan pertemuan rutin yang di setiap pertemuan mahasiswa akan berlatih dan mengasah kemampuan bermain bersama tim. berbagi informasi seputar Game ataupun tentang kehidupan, kemudian adanya workshop agar anggota belajar dan mengerti pengalaman sukses para anggota dan alumni. Mahasiswa memanfaatkan dengan baik dan menikmati setiap pembaruan dari Game Mobile Legend dan saling bekerja sama untuk memenangkan pertandingan dengan mengelompokkan role hero yang dikuasai.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Putri, Diva Natasyadivanatasya1908@gmail.comI03219014
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorIsmail, Muchammadmuhammad.ismail@uinsby.ac.id2003058001
Subjects: Organisasi Mahasiswa
Sosiologi
Keywords: Solidaritas Sosial; Komunitas; Mobile Legend Bang Bang
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Sosiologi
Depositing User: Diva Natasya Putri
Date Deposited: 14 May 2023 15:57
Last Modified: 14 May 2023 15:57
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/62269

Actions (login required)

View Item View Item