Online shop sebagai gaya hidup Santriwati Pesma An-Nur Wonocolo Surabaya ditinjau dari perspektif Teori Konsumerisme Jean Baudrillard

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Wilujeng, Fitri Ayu (2023) Online shop sebagai gaya hidup Santriwati Pesma An-Nur Wonocolo Surabaya ditinjau dari perspektif Teori Konsumerisme Jean Baudrillard. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Fitri Ayu Wilujeng_I73219047.pdf

Download (1MB)

Abstract

Pada penelitian ini mengkaji sebuah fenomena online shop sebagai gaya hidup santriwati. Adapun fokus penelitian ini mengkaji dua permasalahan yakni; Bagaimana online shop sebagai gaya hidup santriwati Pesma An-Nur Wonocolo Surabaya. Apa faktor yang melatarbelakangi santriwati Pesma An-Nur dalam melakukan online shop sehingga memiliki perilaku konsumtif. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Dengan teknik pengumpulan data yang yang digunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teori yang digunakan dalam melihat fenomena yang terjadi adalah teori konsumerisme Jean Baudrillard dengan teknik pemeriksaan keabsahan data dan pada penelitian ini menggunakan teknik triangulasi. Hasil penelitian yang peneliti temukan ialah: Pertama; penggunaan online shop sebagai gaya hidup santriwati digunakan untuk memenuhi keinginan yang lebih tepatnya mengkonsumsi kebutuhan seperti fashion, beauty. Akan tetapi santriwati cenderung mengkonsumsi barang yang sebenarnya kurang diperlukan. Tujuan santri mengkonsumsi barang hanya untuk pemenuhan keinginan, kepuasan, serta kesenangan dalam mendukung penampilan mereka sebagai wujud identitas diri dimata pengakuan dari orang lain. Perilaku konsumtif ini menjadi habit atau kebiasaan gaya hidup yang dilakukan tidak hanya sekali atau dua kali, namun terulang berkali-kali, sehingga membentuk perilaku santriwati yang konsumeris.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Wilujeng, Fitri Ayufitriayuwilujeng1@gmail.comI73219047
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorIsmail, Muchammadmuhammad.ismail@uinsby.ac.id2003058001
Subjects: Santri
Keywords: Online Shop; Gaya Hidup; Konsumeris; Santriwati
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Sosiologi
Depositing User: Fitri Ayu Wilujeng
Date Deposited: 16 May 2023 03:12
Last Modified: 16 May 2023 03:12
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/62277

Actions (login required)

View Item View Item