Tingkat kesiapsiagaan masyarakat dan willingness to pay masyarakat terhadap bencana banjir rob di Desa Pangkah Kulon, Gresik

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Sari, Rosa Nurya (2022) Tingkat kesiapsiagaan masyarakat dan willingness to pay masyarakat terhadap bencana banjir rob di Desa Pangkah Kulon, Gresik. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Rosa Nurya Sari_H74218027_OK.pdf

Download (1MB)

Abstract

Banjir rob merupakan kasus bencana yang sering terjadi pada saat musim hujan khususnya di wilayah pesisir salah satunya Desa Pangkah Kulon Kabupaten Gresik. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis tingkat kesiapsiagaan, nilai Willingness To Pay, serta faktor-faktor yang mempengaruhi kesiapsiagaan dan Willingness To Pay di Desa Pangkah Kulon. Metode yang digunakan yaitu kuantitatif deskriptif dengan tingkat kesiapsiagaan mengacu pada kajian kesiapsiagaan masyarakat LIPI-UNESCO/ISDR, 2006. Metode contigent valuation methods digunakan untuk menentukan Willingness To Pay serta faktor yang mempengaruhi kesiapsiagaan dan Willingness To Pay menggunakan analisis linier berganda. Tingkat kesiapsiagaan masyarakat Desa Pangkah Kulon memiliki kategori sangat siap. Nilai Willingness To Pay masyarakat Desa Pangkah Kulon didapatkan rata-rata sebesar Rp.12.324 per bulan didominasi pada nilai Rp.10.000 setiap kepala keluarga. Faktor tingkat kesiapsiagaan secara signifikan dipengaruhi oleh jenis kelamin, usia, pendidikan, dan lama tinggal serta Willingness To Pay secara signifikan dipengaruhi oleh pendapatan dan tinggi genangan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Sari, Rosa Nuryarosanurya6@gmail.comH74218027
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSetiawan, Fajarfajar_404@yahoo.com2006058402
Thesis advisorNoverma, Novermanoverma18@gmail.com2018118102
Subjects: Bencana alam
Ilmu Kelautan
Keywords: Kesiapsiagaan; Kesediaan Membayar; Banjir Rob
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Studi Ilmu Kelautan
Depositing User: Unnamed user with email rosanurya6@gmail.com
Date Deposited: 15 May 2023 03:01
Last Modified: 15 May 2023 03:01
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/62278

Actions (login required)

View Item View Item