Pengaruh metode Total Physical Response (TPR)terhadap pemahaman mufradat Bahasa Arab siswa MI Ma'arif Pagerwojo Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Haritsah, Elma Nurulita Al (2023) Pengaruh metode Total Physical Response (TPR)terhadap pemahaman mufradat Bahasa Arab siswa MI Ma'arif Pagerwojo Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Elma Nurulita_D07219010.pdf

Download (2MB)

Abstract

Latar belakang dari penelitian ini yaitu Pembelajaran yang dilaksanakan di MI Ma’arif Pagerwojo Sidoarjo hanya menggunakan metode ceramah, diskusi, tanya jawab dan metode lainnya yang kurang mendukung dan tidak berdasar dengan karakter diri siswa, sehingga perlu adanya perubahan metode yang lebih kreatif dan menyenangkan dalam pembelajaran bahasa Arab khususnya metode untuk meningkatkan pemahaman mufradāt bahasa Arab siswa. Selain itu juga media yang digunakan kurang mendukung yakni hanya memakai buku ajar. Tujuan dari penelitian : 1) Untuk mengetahui pemahaman mufradāt bahasa Arab siswa sebelum metode Total Physical Response (TPR) digunakan. 2) Untuk mengetahui pemahaman mufradāt bahasa Arab siswa sesudah metode Total Physical Response (TPR) digunakan. 3) Untuk mengetahui pengaruh dari metode Total Physical Response (TPR) terhadap pemahaman mufradāt bahasa Arab siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain Quasi Eksperiment dengan menggunakan jenis Time-Series Design yakni menggunakan satu kelas yang dilakukan dua perlakuan, yaitu control dan juga eksperimen. Pada penelitian ini dilakukan tes sebelum perlakuan atau disebut dengan pretest, dan tes sesudah perlakuan atau disebut dengan Posttest yakni pada ranah kognitif yang masing-masing tes dilakukan sebanyak tiga kali guna mengetahui kestabilan nilai yang diperoleh dan peningkatan nilai peserta didik. Perlakuan dilakukan sebanyak satu kali. Teknik dalam analisis data menggunakna uji validitas, uji reliabilitas, statistic deskriptif, uji asumsi klasik, dan uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Rata-rata nilai pada pretest1 sampai dengan pretest3 yakni 63,48; 63,09; dan 64,55. Sedangkan rata-rata pada posttest1 adalah 81,12, pada posttest2 adalah 81,18, dan pada posttest3 adalah 85,15. Perbedaan yang tidak terlalu besar antar tes menunjukkan bahwa adanya kestabilan nilai peserta didik. Selisih nilai rata-rata pada pretest dan posttest yakn menujukkan bahwa terjadi peningkatan nilai setelah diberikan treatment atau perlakuan. 2) Hasil dari uji-t menunjukkan nilai signifikansi (2-tailed) sebesar 0,034 yang artinya lebih kecil atau kurang dari 0,05. Sehingga menunjukkan bahwa metode Total Physical Response (TPR) berpengaruh terhadap pemahaman mufradāt bahasa Arab pada ranah kognitif siswa kelas II MI Ma’arif Pagerwojo Sidoarjo. Dapat disimpulkan bahwa H_O ditolak dan H_a diterima.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Haritsah, Elma Nurulita Alelmanurulita8@gmail.comD07219010
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorTaufik, Taufiktaufiksiraj@uinsby.ac.id2002027303
Thesis advisorMasud, Sulthonsulthon.masud@uinsby.ac.id2010097301
Subjects: Agama
Bahasa Arab
Linguistik
Keywords: Metode TPR; pemahaman mufradāt; peserta didik
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Elma Elma Nurulita
Date Deposited: 12 May 2023 08:27
Last Modified: 12 May 2023 08:27
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/62279

Actions (login required)

View Item View Item