تحليل الأخطاء الإملائية لدى طلاب الفصل الحادي عشر في المدرسة الثانوية "دار العلوم" وارو سيدوارجو جاوى الشرقية

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Karimah, Siti Ismu Wahyul (2023) تحليل الأخطاء الإملائية لدى طلاب الفصل الحادي عشر في المدرسة الثانوية "دار العلوم" وارو سيدوارجو جاوى الشرقية. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Siti Ismu Wahyul Karimah_A01219033.pdf

Download (2MB)

Abstract

Kesalahan dalam berbahasa merupakan hal yang wajar. Terdapat beberapa kesalahan dalam mempelajari bahasa terutama bahasa asing, salah satunya kesalahan pada ejaan. Oleh karena itu peneliti ingin meneliti kesalahan ejaan pada siswa kelas 11 Madrasah Aliyah Darul Ulum Waru, Sidoarjo. Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mengetahui apa saja bentuk kesalahan penulisan Bahasa Arab pada siswa kelas 11 Madrasah Aliyah Darul Ulum Waru, Sidoarjo. (2) Mengetahui sebab kesalahan penulisan Bahasa Arab pada siswa kelas 11 Madrasah Aliyah Darul Ulum Waru, Sidoarjo.Untuk menjawab permasalahan di atas, peneliti menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif. Dalam penelitian ini peneliti mengumpulkan data dari tulisan para siswa untuk menganalisa kesalahan yang ada. Adapun langkah-langkah dalam menganalisis kesalahan, pertama: mengumpulkan data lembar para siswa, kedua: mengidentifikasi kesalahan, ketiga: menjelaskan kesalahan, keempat: mengevaluasi kesalahan.Dalam penelitian ini ditemukan 25 kesalahan yaitu: terdapat 14 kesalahan pada hamzah ibtidaiyah yakni 9 kesalahan pada hamzah washl dan 5 kesalahan pada hamzah qath’, pada hamzah mutawassithoh ditemukan 2 kesalahan, pada hamzah mutathorrifah ditemukan 2 kesalahan, kesalahan pada ta’ marbuthoh ditemukan 5 kesalahan, lalu pada ta’ maftukhah ditemukan 2 kesalahan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Karimah, Siti Ismu Wahyulrimaismu@gmail.comA01219033
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorNasaruddin, Nasaruddinnasaruddin@uinsby.ac.id2009097501
Thesis advisorRohman, Abdurvi_man84@yahoo.co.id2001068001
Subjects: Bahasa Arab > Tata Bahasa
Keywords: Analisis kesalahan; imla’
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Bahasa dan Sastra Arab
Depositing User: Siti Ismu Wahyul Karimah
Date Deposited: 15 May 2023 04:46
Last Modified: 15 May 2023 04:46
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/62283

Actions (login required)

View Item View Item