Peningkatan keterampilan membaca pemahaman dalam pembelajaran tematik dengan media big book pada siswa kelas IV-B MINU Wedoro Waru Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Firmansah, Andi (2023) Peningkatan keterampilan membaca pemahaman dalam pembelajaran tematik dengan media big book pada siswa kelas IV-B MINU Wedoro Waru Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Andi Firmansah_D07219003_OK.pdf

Download (1MB)

Abstract

Latar belakang dalam penelitian ini adalah pada pembelajaran tematik di sekolah masih terdapat beberapa siswa yang malas membaca. Selain itu, pembelajaran juga terkesan tidak menarik dan membosankan karena guru tidak menggunakan strategi ataupun media yang dapat memotivasi siswa untuk senang membaca. Oleh karena itu, guru dapat menggunakan media sebagai pendukung pembelajaran. Media yang dapat digunakan yaitu media big book. Penelitian ini bertujuan : 1) Untuk mendeskripsikan bagaimana penerapan media big book dalam meningkatkan keterampilan membaca pemahaman pada pembelajaran tematik siswa kelas IV-B MINU Wedoro Waru Sidoarjo. 2) Untuk mengetahui peningkatan keterampilan membaca pemahaman dalam pembelajaran tematik dengan media big book pada siswa kelas IV-B MINU Wedoro Waru Sidoarjo. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas (PTK) model Kurt Lewin yang terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV-B MINU Wedoro yang berjumlah 26 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara, observasi, tes dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : 1) Penerapan media pembelajaran big book dilakukan dalam dua siklus. Pada setiap siklus terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Pada tahap perencanaan, peneliti membuat instrumen dan perangkat pembelajaran. Pada tahap pelaksanaan, dilakukan dengan menerapkan media big book. Pada tahap ini, peneliti bertindak sebagai guru dan guru bertindak sebagai observer. Pada tahap observasi, memperoleh hasil observasi pelaksanaan pada siklus I memperoleh skor 68,42 dengan kualifikasi cukup, kemudian pada siklus II mengalami peningkatan yakni memperoleh skor 92,10 dengan kualifikasi sangat baik. Untuk aktivitas siswa pada siklus I memperoleh skor 64,47 dengan kualifikasi cukup, kemudian mengalami peningkatan pada siklus II yakni memperoleh skor 90,78 dengan kualifikasi sangat baik. Pada tahap refleksi, peneliti melakukan diskusi dengan guru mengenai hasil pelaksanaan dari siklus I dan II. 2) Keterampilan membaca pemahaman siswa dalam pembelajaran tematik materi puisi dengan media big book mendapatkan peningkatan. Dapat diketahui dari hasil tes individu dengan menggunakan 10 soal pilihan ganda. Yang kemudian bisa ditinjau dari hasil persentase ketuntasan dari siklus I sampai ke siklus II. Hasil persentase ketuntasan kemampuan membaca pemahaman siswa pada siklus I yakni 57,69% dengan kualifikasi cukup. Sedangkan pada siklus II memperoleh nilai 84,61% dengan kualifikasi baik.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Firmansah, Andimuhammadandi265@gmail.comD07219003
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorTaufik, Taufiktaufiksiraj@uinsby.ac.id2002027303
Thesis advisorMas'ud, Sulthonsulthon.masud@uinsby.ac.id207309100
Subjects: Keterampilan
Pendidikan
Pendidikan > Media
Keywords: Keterampilan Membaca Pemahaman; Pembelajaran tematik; Media Big Book
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Andi Firmansah
Date Deposited: 15 May 2023 05:50
Last Modified: 15 May 2023 05:50
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/62286

Actions (login required)

View Item View Item