Penggunaan media Flashcard Untuk meningkatkan pemahaman kosakata Bahasa Inggris tema Schools peserta didik Kelas III A MI Maarif Pagerwojo Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Diar, Silvia Mulyaning (2023) Penggunaan media Flashcard Untuk meningkatkan pemahaman kosakata Bahasa Inggris tema Schools peserta didik Kelas III A MI Maarif Pagerwojo Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Silvia Mulyaning Diar_D07219029 ok.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kegiatan pembelajaran bahasa Inggris di kelas III-A MI Maarif Pagerwojo yang berdasarkan hasil wawancara dan observasi pada pra siklus bersama guru kelas tampak kurang maksimal. Dapat diketahui bahwa terdapat 11 peserta didik yang tuntas dari 25 peserta didik. Dengan persentase ketuntasan belajar 44% dan rata-rata nilai yang diperoleh 74,8. Oleh karena itu, peneliti akan melakukan tindakan dengan penerapan media pembelajaran flashcard. Penelitian ini bertujuan untuk 1) Penggunaan media flashcard untuk meningkatkan pemahaman kosakata bahasa Inggris tema schools peserta didik kelas III-A MI Maarif Pagerwojo Sidoarjo. 2) Peningkatan pemahaman kosakata bahasa Inggris tema schools melalui media flashcard kelas III-A MI Maarif Pagerwojo Sidoarjo. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan model Kurt Lewin yang dilakukan dalam 2 siklus yang terdiri dari empat tahapan yakni perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian yaitu peserta didik kelas III-A MI Maarif Pagerwojo Sidoarjo yang berjumlah 25 peserta didik. Teknik pengumpulan data yang dipakai meliputi observasi, tes, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Penggunaan media flashcard mengalami peningkatan yang dapat dilihat dari hasil observasi aktivitas guru dan peserta didik. Pada siklus I, hasil observasi aktivitas guru adalah 62,5 dan hasil observasi aktivitas peserta didik adalah 66,6. Pada siklus II, mengalami peningkatan hasil observasi aktivitas guru adalah 100 dan hasil observasi aktivitas peserta didik adalah 95,8. 2) Pemahaman kosakata bahasa Inggris tema schools melalui media flashcard juga mengalami peningkatan yang dapat dilihat dari rata-rata nilai dan persentase ketuntasan belajar. Pada siklus I, rata-rata nilai 76 dengan persentase ketuntasan belajar 60%. Pada siklus II, rata-rata nilai 86,8 dan persentase ketuntasan belajar 84%.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Diar, Silvia MulyaningSilviamulyaning@gmail.comD07219029
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSihabudin, Sihabudinsihabudin@uinsby.ac.id2020027701
Thesis advisorMas'ud, Sulthonsulthon.masud@uinsby.ac.id2010097301
Subjects: Pendidikan > Media
Pendidikan > Pembelajaran
Keywords: Media pembelajaran Flashcard; pemahaman; kosakata
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Silvia Mulyaning Diar
Date Deposited: 15 May 2023 06:11
Last Modified: 15 May 2023 06:11
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/62291

Actions (login required)

View Item View Item