Pengaruh penggunaan media pembelajaran Flash Card terhadap kemampuan membaca Aksara Jawa siswa Kelas IV MI Roudlotul Banat Taman Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Fitriani, Annisa (2023) Pengaruh penggunaan media pembelajaran Flash Card terhadap kemampuan membaca Aksara Jawa siswa Kelas IV MI Roudlotul Banat Taman Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Annisa Fitriani_D07219005 ok.pdf

Download (2MB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah pada saat proses pembelajaran cara mengajar guru kelas IV MI Roudlotul Banat Taman Sidoarjo belum mengembangkan media yang menarik pada saat penyampaian materi aksara Jawa, sehingga peserta didik menjadi kurang semangat dan kurang tertarik dalam mengikuti pembelajaran, yang berdampak pada pemahaman yang belum maksimal, peserta didik beranggapan bahwa Bahasa Jawa adalah mata pelajaran sulit, apalagi materi aksara Jawa. Hal ini dibuktikan dengan banyaknya peserta didik yang belum lancar pada saat membaca aksara Jawa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media pembelajaran flash card terhadap kemampuan memabaca aksara Jawa siswa kelas IV MI Roudlotul Banat Taman Sidoarjo. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif, jenis penelitiannya adalah penelitian quasi eksperimen (Quasi Experimental). Penelitian ini menggunakan Nonequivalent Control Group Design, di dalam desain ini terdapat kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Penelitian dilakukan terhadap siswa kelas IV MI Roudlotul Banat Taman Sidoarjo pada semester genap, dengan melakukan tes sebelum perlakuan (pretest) dan tes sesudah adanya perlakuan (posttest) pada ranah kognitif. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji validitas, uji reliabilitas, statistik deskriptif, statistik inferensial dan uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan media pembelajaran flash card terhadap kemampuan membaca siswa kelas IV MI Roudlotul Bnata. Dilihat dari rata-rata nilai posttest kelas eksperimen lebih tinggi dari kelas kontrol. Rata-rata (mean) kelas eksperimen adalah 79,92, sedangkan rata-rata (mean) kelas kontrol adalah 59,65. Dapat diketahui bahwa penggunaan media pembelajaran flash card mempunyai pengaruh terhadap kemampuan membaca aksara Jawa siswa kelas IV MI Roudlotul Banat Taman Sidoarjo. Hal tersebut dapat dilihat dari hasil uji Independent Sample T-Test yang menunjukkan nilai Sig. (2-tailed) 0,000 < 0,05 yang artinya H0 ditolak dan Ha diterima. Maka dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan kemampuan membaca aksara Jawa antara kelompok eksperimen yang menggunakan media pembelajaran flash card dengan kelompok kontrol yang tidak menggunakan media pembelajaran flash card terhadap siswa kelas IV MI Roudlotul Banat Taman Sidoarjo.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Fitriani, Annisaannisafitriani1529@gmail.comD07219005
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSihabudin, Sihabudinbudinsihab77@gmail.com2020027701
Thesis advisorMusthofa, M. Bahribahri.musthofa007@gmail.com2022077302
Subjects: Belajar
Kebudayaan Jawa
Pendidikan > Media
Pendidikan > Pendidikan Anak
Keywords: Media Flash Card; kemampuan membaca; Aksara Jawa
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Annisa Fitriani
Date Deposited: 15 May 2023 06:28
Last Modified: 15 May 2023 06:28
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/62296

Actions (login required)

View Item View Item