Pengaruh penggunaan media Audio Visual Berbasis Animasi Doratoon terhadap kemampuan menyimak pada pembelajaran Bahasa Arab siswa Kelas IV MI Roudlotul Banat Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Azizah, Risalah (2023) Pengaruh penggunaan media Audio Visual Berbasis Animasi Doratoon terhadap kemampuan menyimak pada pembelajaran Bahasa Arab siswa Kelas IV MI Roudlotul Banat Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Risalah Azizah_D07219028 ok.pdf

Download (8MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kemampuan menyimak Bahasa Arab siswa kelas IV MI Roudlotul Banat Sidoarjo yang masih dikategorikan rendah dan kurang diminati siswa. Selain itu, metode ceramah dan minimnya variasi dalam penggunaan media belajar masih mendominasi dalam kegiatan pembelajaran bahasa Arab. Tujuan dalam penelitian ini ialah : 1) untuk mengetahui bagaimana pembelajaran Bahasa Arab siswa kelas IV MI Roudlotul Banat Sidoarjo sebelum dan sesudah penggunaan media audio visual animasi berbasis doratoon 2) untuk mengetahui pengaruh dalam penggunaan media audio visual berbasis animasi doratoon terhadap kemampuan menyimak pada pembelajaran Bahasa Arab siswa kelas IV MI Roudlotul Banat Sidoarjo. Metode dalam penelitian ini adalah kuantitatif jenis kuasi eksperimen (Quasi Experimental) dengan desain Nonequivalent Control Group Design, yang terdapat kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Pelaksanaan penelitian dilakukan dengan memberikan soal tes sebelum perlakuan (pretest) dan soal tes sesudah perlakuan (postest). Teknik pengumpulan data menggunakan tes, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan uji validitas, uji reliabilitas dan uji hipotesis. Hasil dari penelitian ini yakni :1) Hasil pembelajaran Bahasa Arab siswa kelas IV sebelum penerapan media audio visual berbasis animasi doratoon diperoleh nilai rata-rata sebesar 65,00 pada kelas eksperimen dan pada kelas kontrol sebesar 64,62. Diketahui bahwa pada kelas eksperimen siswa yang memperoleh nilai diatas KKM sebanyak 7 siswa dan pada kelas kontrol sebanyak 9 siswa. 2) Hasil pembelajaran Bahasa Arab siswa kelas IV sesudah penerapan media audio visual berbasis animasi doratoon yakni diperoleh nilai rata-rata pada kelas eksperimen sebesar 86,54 dan pada kelas kontrol sebesar 76,54. Dan diketahui bahwa hampir semua siswa memperoleh nilai diatas KKM yang pada kelas eksperimen sebanyak 20 siswa dan pada kelas kontrol sebanyak 17 siswa. 3) Terdapat pengaruh media audio visual animasi berbasis doratoon terhadap kemampuan menyimak siswa dan juga terdapat perbedaan nilai rata-rata sebelum dan sesudah diberikan perlakuan yang dibuktikan dengan nilai signifikansi Sig (2-tailed) dari kelas eksperimen sebesar 0,000 < 0,05 dan pada kelas kontrol sebesar 0,001 < 0,05. Yang mana artinya H0 ditolak dan Ha diterima.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Azizah, Risalahrisaazizah34@gmail.comD07219028
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorTaufik, Taufiktaufiksiraj@uinsby.ac.id197302022007011040
Thesis advisorFarisia, Hernikhernikfarisia@uinsby.ac.id201409007
Subjects: Bahasa Arab
Keterampilan
Teknologi
Keywords: Media animasi berbasis Doratoon; menyimak Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Risalah Azizah
Date Deposited: 15 May 2023 06:59
Last Modified: 15 May 2023 06:59
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/62297

Actions (login required)

View Item View Item