Pengaruh model pembelajaran problem based learning terhadap kemampuan literasi sains siswa kelas V-B MIN 2 Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Dwiyanti, Via Rizqi (2023) Pengaruh model pembelajaran problem based learning terhadap kemampuan literasi sains siswa kelas V-B MIN 2 Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Via Rizqi Dwiyanti_D97219110_OK.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil tes awal kemampuan literasi sains ditinjau dari aspek proses sains siswa kelas V-B MIN 2 Sidoarjo, yakni sebesar 32% dari total rata-rata maksimal 100%. Hal ini disebabkan model pembelajaran yang digunakan masih menggunakan model konvensional dan tidak mengaitkan materi pembelajaran dengan masalah kontekstual. Alhasil pada proses pembelajaran tersebut, tidak ada aktivitas yang dapat menumbuhkan kemampuan literasi sains khususnya dalam aspek proses sains. Karena itu, peneliti ingin melakukan perbaikan proses pembelajaran dengan cara menerapkan model pembelajaran PBL yang diharapkan dapat menjadi solusi dari permasalahan tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) pada materi ipa khususnya materi sistem pencernaan manusia, mengetahui kemampuan literasi sains ditinjau dari aspek proses sains siswa sebelum dan sesudah diterapkannya model PBL, serta untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh model pembelajaran tersebut terhadap kemampuan literasi sains siswa kelas V-B MIN 2 Sidoarjo, khususnya pada aspek proses sains. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Jenis penelitian ini adalah pre-eksperimen dengan desain one group pretest post-test design. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah teknik observasi dan teknik tes. Analisis yang digunakan adalah uji t paired t-test. Diperoleh hasil penelitian 1) skor total rata-rata keterlaksanaan RPP sebesar 3,73 dan rata-rata presentase kesesuaian aktivitas siswa sebesar 77%. Dapat disimpulkan bahwa penerapan model PBL dalam penelitian ini termasuk ke dalam kategori sangat baik. 2) kemampuan rata-rata literasi sains ditinjau dari aspek proses sains siswa sebelum diterapkan model PBL adalah sebesar 23,47 dan sesudah diterapkan model pembelajaran PBL adalah sebesar 72,97. Dapat disimpulkan bahwa kemampuan literasi sains ditinjau dari aspek proses sains siswa kelas V-B MIN 2 Sidoarjo mengalami peningkatan sebesar 49,75. 3) terdapat pengaruh pada kemampuan literasi sains kelas V-B setelah diberikan treatment berupa penerapan model pembelajaran PBL pada pembelajaran tematik, khususnya materi ipa sistem pencernaan manusia, dengan sig. (2- tailed) 0,000 < 0,05.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Dwiyanti, Via Rizqiviarizqiiid@gmail.comD97219110
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorAlfin, Jauharoti--2006067301
Thesis advisorChasanah, Uswatunuswatunchasanah@uinsby.ac.id89878786
Subjects: Pendidikan
Pendidikan > Strategi Belajar Mengajar
Pendidikan > Pendidikan Dasar
Keywords: Model Pembelajaran Problem Based Learning; Kemampuan Literasi Sains; Aspek Proses Sains.
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Via Rizqi Dwiyanti
Date Deposited: 16 May 2023 02:56
Last Modified: 18 May 2023 13:14
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/62304

Actions (login required)

View Item View Item