Peningkatan hasil belajar matematika melalui penerapan pendekatan pendidikan matematika realistik Indonesia (PMRI) untuk siswa kelas V MI Hasyim Asy'ari

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Nafi'ah, Fanny Halun (2023) Peningkatan hasil belajar matematika melalui penerapan pendekatan pendidikan matematika realistik Indonesia (PMRI) untuk siswa kelas V MI Hasyim Asy'ari. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Fanny Halun Nafi'ah_D97219075.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar matematika siswa kelas V MI Hasyim Asy’ari Dawarblandong yang disebabkan oleh proses pembelajaran yang hanya dilakukan dengan menggunakan pendekatan yang berpusat pada guru dan hanya menerapkan metode ceramah sehingga banyak siswa yang belum bisa menerima materi dengan baik.Tujuan dari penelitian ini diantaranya adalah: 1) Untuk mendeskripsikan penerapan pendekatan PMRI (Pendidikan Matematika Realistik Indonesia) yang dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas V MI Hasyim Asy’ari Dawarblandong materi bangun ruang kubus dan balok. 2) Untuk mengetahui peningkatan hasil belajar matematika siswa kelas V MI Hasyim Asy’ari Dawarblandong materi bangun ruang kubus dan balok dalam penerapan pendekatan PMRI (Pendidikan Matematika Realistik Indonesia). Metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini menggunakan model Kurt Lewin dengan pelaksanaan tindakan yang terdiri dari dua siklus dan empat tahapan dalam setiap siklusnya. Empat tahapan tersebut diantaranya adalah perencanaan (planing), pelaksanaan (action), observasi (observation), dan refleksi (reflection). Subjek dari penelitian ini adalah siswa kelas V MI Hasyim Asy’ari Dawarblandong yang berjumlah 29 siswa. Penelitian ini menggunakan beberapa teknik pengumpulan data yang diantaranya yaitu: wawancara, observasi, dokumentasi dan tes. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan pendekatan pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI) untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa pada materi volume bangun ruang kubus dan balok telah berjalan dengan baik. Hal tersebut dapat dilihat dari persentase ketuntasan hasil belajar siswa pada pelaksanaan pretest yaitu sebesar 27,59%. Persentase ketuntasan hasil belajar siswa tersebut meningkat menjadi 55,17% pada siklus I dan pada siklus II meningkat menjadi 82,76%. Selain itu keberhasilan peningkatan hasil belajar siswa melalui pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI) juga dapat dilihat dari persentase hasil observasi aktivitas guru dari siklus I sebesar 73,75% dan meningkat menjadi 95,6% pada siklus II serta persentase hasil observasi aktivitas siswa pada siklus I sebesar 59,38% meningkat menjadi 87,6% pada siklus II.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Nafi'ah, Fanny Halunfannyhalunn@gmail.comD97219075
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorYanti, Aning Widaaning.widayanti@uinsby.ac.id0007128007
Thesis advisorChasanah, Uswatunuswatunchasanah@uinsby.ac.id89878786
Subjects: Pendidikan > Pendekatan
Pendidikan > Hasil Belajar
Pendidikan > Matematika Realistik
Keywords: Hasil Belajar; Matematika; Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI).
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Fanny Halun Nafi'ah
Date Deposited: 16 May 2023 03:30
Last Modified: 16 May 2023 03:30
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/62307

Actions (login required)

View Item View Item